1,5 Ton Ayam Berpengawet Mayat Dimusnahkan

oleh -
Pemusnahan ayam mengandung formalin. (one)
Pemusnahan ayam mengandung formalin. (one)
Pemusnahan ayam mengandung formalin. (one)

Palapanews- Tak kurang dari 1,5 Ton ayam mengandung formalin dimusnahkan jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya di kawasan Puspiptek, Setu, Senin (14/9/205.

Ayam mengandung zat pengawet mayat itu merupakan barang bukti hasil sidak di tujuh tempat pemotongan hewan di Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

“Ayam ini merupakan hasil operasi Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Badan POM Banten, Jumat 10 September 2015 lalu,” kata Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar (AKBP) Iwan Kurniawan

“Kalau ditotal, ayam potong itu mencapai 1,5 Ton,” kata AKBP Iwan Kurniawan ditemui di Puspiptek.

Selain barang bukti, petugas juga mengamankan tiga pelaku. Mereka, antara lain AH (46), MI (43), dan NR (22). Ketiganya merupakan pemilik rumah potong ayam yang juga sama-sama tinggal di Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

Pelaku mencampurkan formalin cair ini ke dalam air rendaman ayam. Lalu memasarkannya secara bebas ke pasaran, terutama berbagai pasar tradisional yang ada di Kota Tangerang.

“Ini agar ayam potong yang mereka jual ini tahan lama atau tidak mudah busuk, karena mereka memotong dan memasarkannya dalam partai besar,” paparnya.

Para tersangka pun dijerat pasal 136 huruf b jo Pasal 35 (1) Undang-undang No 18 2012, Tentang Pangan. Dan atau pasal 62 (1) jo pasal 8 (1) huf a Undang-undang no.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dengan pidana penjara 5 tahun dan denda maksimal Rp10 miliar. (one)

Komentar Anda

comments