Pemuda Dinilai tak Lagi Punya Rasa Nasionalisme

oleh -
Logo KNPI. (bbs)
Logo KNPI. (bbs)
Logo KNPI. (bbs)

Palapanews- Peran pemuda Indonesia dalam membangun tanah air menurun drastis. Pemuda, saat ini dinilai hanya mengutamakan kesenangan dan tak punya rasa nasionalisme.

“Pemuda saat ini tidak lagi punya nasionalisme gara-gara tidak bisa menahan arus globalisasi. Untuk itu diperlukan pemahaman kembali nilai luhur bangsa dari Pancasila, UUD, Bhineka Tunggal Ika, agar kebangsaan mereka bisa bangkit kembali,” kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang, Ibrohim.

Pemuda Kota Tangerang, menurutnya harus berperan sebagai kontrol sosial, baik dalam pembangunan atau pemerintahan dengan mempersiapkan diri mematangkan ilmu pengetahuan, ketahanan pribadi, untuk bersaing dengan bangsa lain.

“Dengan adanya pemahaman wawasan kebangsaan ini, bisa menimbulkan kembali hal-hal yang hilang tersebut. Sehingga terbentuk kesadaran moral yang kuat bagi pemuda,” tukasnya.

Melalui kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang berlangsung pada 22-23 Agustus 2015 di Pengalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat, KNPI Kota Tangerang berupaya membangkitkan kembali gairah pemuda.

Ketua Panitia Peningkatan Wawasan Kebangsaan, Faridal Arkam mengatakan kegiatan tersebut mengusung tema ‘Pemuda Ayo’ yakni ingin membangkitkan gairah pemuda Kota Tangerang untuk berkontribusi baik secara ide, gagasan maupun melakukan daya kritis sebagai fungsi controlling terhadap kebijakan yang tidak pro rakyat.

“Bentuk kegiatannya sendiri ada forum diskusi, braimstorming, tanya jawab, dinamika kelompok, writing teks dan outbound,” kata Faridal yang juga Ketua HMI Tangerang. (nai)

Komentar Anda

comments