Sejak H-7 Lebaran, Pelabuhan Merak Sepi saat Siang Hari

oleh -
Arus mudik di Pelabuhan Merak. (bbs)
Arus mudik di Pelabuhan Merak. (bbs)
Arus mudik di Pelabuhan Merak. (bbs)

Palapanews- Ada fenomena menarik saat arus mudik Lebaran 2015 ini di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Ya, dari H-7 Lebaran lalu, arus pemudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera terlihat sepi saat siang hari.

Kondisi ini jauh berbeda saat hari menjelang malam. Dimulai sejak ba’da Maghrib, pelabuhan penumpang terbesar di Banten ini terlihat mulai ramai, bahkan padat pemudik.

“Siang hari memang lengang. Tapi, ini berubah saat Maghrib sampai dini hari,” kata salah seorang petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Hendri.

Menurutnya, banyak pemudik lebih memilih perjalanan malam hari dibandingkan siang hari. Selain tidak panas, pemudik yang umum berpuasa merasa lebih nyaman melakukan perjalanan malam hari.

“Pemudik mengejar perjalanan malam, agar dapat melanjutkan perjalanan pagi harinya di Sumatera,” ujar Hendri.

Berdasarkan data, hingga hari H-5 kemarin jumlah penumpang yang menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Merak sebanyak 31.767 orang. Sementara itu, jumlah sepeda motor yang menyeberang 3.096 unit dan mobil sebanyak 3.514 unit.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sejak H-7 lebaran. Tercatat pemudik yang akan menyeberang sebanyak 49.700 orang, 2.250 unit motor, dan 7.900 roda empat.

Hingga Senin, 14 Juli 2015 tercatat 387.753 orang yang sudah menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Sementara sepeda motor sudah menyeberang sebanyak 20.104 unit dan mobil sebanyak 64.433 unit. (cnn/nai)

Komentar Anda

comments