Jonan Minta Pengelola Bandara Antisipasi Penumpukkan Penumpang

oleh -
Bandara Soekarno Hatta. (bbs)
Bandara Soekarno Hatta. (bbs)

Palapanews- Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan meminta PT Angkasa Pura (AP) II, selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta mengantisipasi penumpukkan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2015.

“Kurangi antrean dengan mempercepat pemeriksaan di imigrasi. Kalau terjadi delay, diharapkan petugas maskapai menginformasikan kepada penumpang,” kata Ignasius Jonan saat meninjau Kesiapsiagaa Angkutan Lebaran 2015 di Bandara Internasional tersebut, Jumat (3/7/2015).

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu mengklaim bahwa pengaturan sudah jauh lebih baik. Maka itu, ia menjamin tidak bakal terjadi keterlambatan lagi.

“Kecuali ada masalah teknis. Kalo sampai terjadi delay, minta petugas untuk mengumumkan. Jangan sampai pihak maskapai menghindar. Bandara harus tetap aman dengan tidak mengurangi pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Kesiapan angkutan Lebaran yang biasanya dilakukan H-7, menurutnya saat ini dilakukan pada H-14. Dia memprediksi jumlah penumpang angkutan udara dari dalam dan luar negeri di seluruh bandara saat arus mudik dan balik lebaran mencapai 6,5 juta penumpang.

“Kenaikan jumlah penumpang diprediksi mencapai 3 persen dari lebaran tahun lalu. Puncaknya kemungkinan pada mulai hari Senin (13/7), saat peningkatan extra flight,” katanya. (nai)

Komentar Anda

comments