Gandeng IKPP, Pemkot Kembangkan Kokoru

oleh -
Pelatihan Kokoru di Serpong Utara.(one)
Pelatihan Kokoru di Serpong Utara.(one)
Pelatihan Kokoru di Serpong Utara.(one)

Palapa News- Pemkot Tangsel bakal mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM), khusus kerajinan Kokoru. Dalam pengembangan itu, Pemkot menggandeng PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP).

Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Nurhayati mengatakan pelatihan Kokoru yang digelar PT IKPP untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Serpong Utara, Kamis (11/9/2014) menjadi modal dasar kerjasama itu.

“Kalau ditekuni serius, Kokoru ini bisa menjadi ladang pendapatan. Bagi masyarakat yang kreatif dan melihat peluang, kerajinan Kokoru bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Hasilnya, tentu saja bernilai ekonomis,” katanya.

Untuk pemasaran, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel diakuinya siap membantu. Begitu juga soal pelatihan, dengan menggandeng PT IKPP, pelatihan bakal diselenggarakan.

“Latihan dulu, ya sambil iseng-iseng. Kalau pun mau serius, Pemkot Tangsel siap membantu,” kata dia.

General manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Asia Pulp and Paper (APP) Yuki Wardhana mengaku siap bekerjasama dengan Pemkot Tangsel untuk pengembangan UKM, khusus pengrajin Kokoru. Menurutnya, kerajinan Kokoru bisa menjadi peluang usaha, terutama bagi kaum ibu.

“Keterampilan kokoru dapat dijadikan berbagai macam kreativitas. Seperti scrapbook, bentuk katak, jam dinding, rumah, anjing puddle, angry birds, dan bentuk lain. Bisa juga menjadi pajangan cantik, kertas ini pun bisa menjadi sangat fungsional seperti untuk tempat pulpen dan bingkai foto,” paparnya.

Selain anak-anak, menurutnya orang tua pun bisa mengikuti pelatihan pembuatan kreasi dari kertas Kokoru. Selain, itu hasilnya dapat dijual dan jadi tambahan penghasilan.

“Hasil berbagai bentuk dari kokoru ini kan bisa juga dijual. Kami berharap kokoru ini kebanggaan dari Kota Tangsel. Karena bahan bakunya diproduksi di Tangsel,” terangnya.(one)

Komentar Anda

comments