Kali Gebyuran Meluap, Kota Tangerang Terendam

oleh -

Banjir Ciledug IndahPalapa News – Tingginya intensitas hujan yang menyebabkan banjir dibeberapa titik di Kota Tangerang membuat orang nomor satu di Kota Tangerang langsung turun kelapangan untuk mengetahui kondisi yang terjadi. Dan, lokasi yang menjadi pilihan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah adalah Kali Gebyuran yang berada di perbatasan Kota Tangerang dan Jakarta Barat.

Walikota yang juga turut didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, NanaTrisyana serta Kepala Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPPMPT), Karsidi, menepi sejenak untuk melihat kondisi aliran Kali Gebyuran. Saat Walikota mendekat kearah Kali, volumenya memang sedang tinggi dan terlihat menggenangi lokasi disekitar kali.

Arief mengatakan, beberapa lokasi di Kota Tangerang yang turut tergenang saat musim penghujan diakibatkan meluapnya Kali Gebyuran. Melihat kondisinya yang dangkal serta sempit perlu segera diambil tindakan, sehingga kedepan kali ini tidak akan meluap lagi.

“Kami ingin atasi persoalan dari sumbernya biar langsung berdampak besar perubahannya,” papar Arief R Wismansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Tangerang menjelaskan, Kali Gebyuran yang berhulu dari Kota Tangerang Selatan ini kondisinya relatif sempit ditambah dengan adanya sedimentasi serta sampah yang terlihat membuat arus kali sedikit tersendat dan kedalaman kali menjadi dangkal.

“Meluapkan kali mengakibatkan beberapa kediaman warga sekitar tepi sungai yang ada di Wilayah Karang Tengah, Komplek DDN, Ciledug, Kota Tangerang tergenang,” katanya.

Nana menambahkan, pihaknya segera menindaklanjuti kondisi Kali Gebyuran yang kerapkali mengakibatkan beberapa wilayah di Kota Tangerang tergenang. Rencananya, Pemkot Tangerang akan melakukan pelebaran Kali Gebyuran. Dengan lebarnya kali diharapkan  ruang untuk air yang mengalir di kali akan semakin luas dan laju atau kecepatan arus kali akan semakin deras sehingga akan cepat mengalir ke sumbernya tidak tersendat karena ruangnya yang sempit dan tertahan lumpur serta sampah yang ada di kali.(nai)

Komentar Anda

comments