Indonesia Juara Barongsai International 2014

oleh -
Atraksi Barongsai
Atraksi Barongsai di Living World. (bud)

Palapa News- Indonesia memborong gelar juara dalam 2nd Living World FOBI International Lion Dance Championship yang digelar di Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Gelar juara yang diraih, antara lain kategori Tonggak dan kategori Lantai. Tak hanya itu, Indonesia juga sukses meraih juara umum.

Tim Kong Ha Hong Indonesia berhasil meraih Juara 1 Kategori Barongsai Tonggak dengan total nilai 9.26 disusul tim Kun Seng Keng Lion & Dragon Dance Association dari Malaysia yang meraih Juara ke-2 dengan nilai 9.21. Sementara di urutan ke-3 kategori tonggak diraih Pertumbuhan Tarian Singa dan Naga Hong Teik Kedah dari Malaysia dengan nilai 9.19.

Untuk Barongsai Lantai keluar sebagai Juara 1 Tim Dharma Cinta Kasih Indonesia perolehan nilai 9.01, Juara ke-2 Tian Eng Dragon and Lion Dance dari Singapura dengan nilai 8.95, kemudian disusul Tim Malaysia Kwong Ngai Lion Dance dengan nilai 8.91. Pertandingan ini, sangat kompetitif karena dinilai oleh gabungan juri dari Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Singapore dan Hongkong.

“2nd Living World FOBI International Lion Dance Championship tahun ini, menjadi sangat berbeda dan spektakuler karena diikuti oleh 7 negara dan 23 tim dari Indonesia, Malaysia, Singapore, Tiongkok, Hongkong, Philippine dan India,” ungkap Haris Chandra, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Executive Komite IDLDF.

Kuncoro Wibowo selaku Wakil Ketua Umum IDLDF dan FOBI mengutarakan bahwa kejuaraan ini, merupakan kejuaraan yang disahkan oleh FOBI dan juga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Sejak 2013 yang lalu, kesenian Barongsai sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional yang dinaungi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).

“Sudah ada di 20 provinsi serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF). Anggotanya sudah mencapai 35 negara yang tersebar di seluruh dunia,” jelasnya.

Sementara menurut Jannywati Hartini, Direktur Living World, kejuaraan tersebut merupakan kerja bareng Living World dan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI). Total hadiah senilai 26,100 USD merupakan hadiah tertinggi dalam sejarah perlombaan Barongsai Internasional yang pernah diselenggarakan.

“Sebagai bentuk apresiasi kepada pengunjung yang hadir di Living World dan memilih negara favoritnya, Living World juga memberikan hadiah Trip to Hongkong, Alkali Metal Dispenser, Sony Z Ultra dan juga Gift Vouchers,” katanya.(bud)

Komentar Anda

comments