Pasien Gangguan Pencernaan Melonjak di RSU Tangsel

oleh -

Palapanews- Humas Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Umi mengatakan pasien yang ditangani di rumah sakit plat merah tersebut mayoritas menderita penyakit gastroenteritis.

“Gastroenteritis atau gangguan pencernaan ini disebabkan infeksi virus tetapi bakteri, parasit, dan penyakit yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang tidak bersih,” kata Umi, Kamis (15/8/2013).

Efek dari penyakit gastroenteritis ini, kata dia, pasien merasakan mual, kulit kering, muntah-muntah, diare hingga dehidrasi. “Alhamdulliah kami bisa tangani,” ucapnya.

Ia menambahkan, pola makan yang berubah diakuinya juga menjadi penyebab penyakit tersebut. “Setelah berpuasa selama sebulan, perut kaget diisi berbagai makanan. Ini juga menjadi penyebab gangguan pencernaan,” katanya.

Seperti diberitakan, jumlah pasien yang ditangani RSU Kota Tangsel meningkat usai lebaran. Berdasarkan data dari RSU Kota Tangsel, lima hari sebelum lebaran jumlah pasien sebanyak 176 pasien. Sedangkan, lima hari setelah hari raya Idul Fitri melonjak menjadi 664 pasien. (iwa)

Komentar Anda

comments