Jumlah Penduduk Tangsel Diprediksi Bertambah Usai Lebaran

oleh -

Ilustrasi PendudukPalapa News- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memprediksi usai lebaran jumlah penduduk kota tersebut bakal bertambah.

“Arus urbanisasi akan kembali terjadi. Ini seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel, Yusuf Ismail.

Berdasarkan data tahun 2011, pendatang baru usai mudik lebaran mencapai 5.000 orang. Selanjutnya di tahun 2012 meningkat menjadi 8.300 orang yang eksodus dari kampung halaman ke Kota Tangsel.

“Kami prediksi pendatang yang masuk mencapai 1 persen dari total penduduk Kota Tangsel yang mencapai 1,2 juta jiwa. Akan ada 12 ribu pendatang,” katanya.

Pemkot Tangsel, diakuinya tidak pernah melarang pendatang untuk mengadu nasib di kota dengan tujuh kecamatan tersebut.

“Namun imbauan kami jelas, yakni silahkan datang apabila punya keterampilan agar bisa bersaing dalam mencari pekerjaan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto mengimbau agar pemudik asal Tangsel diimbau tidak membawa kerabat dari kampung halamannya.

“Kalau belum memiliki kemampuan apa pun, kami takut mereka tidak dapat bersaing dan malah akan menambah penggangguran,” tandasnya.(iwa)

Komentar Anda

comments