WNA di Tangsel Bakal Ditarik Retribusi

oleh -

Palapa News- Warga Negara Asing (WNA) yang menetap dan bekerja di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal ditarik retribusi. Saat ini, payung hukum penarikan retribusi tersebut masih digodok Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan kebijakan tersebut diambil lantaran makin maraknya WNA tinggal dan bekerja di Kota Tangsel.

Mereka mayoritas berprofesi sebagai tenaga pengajar di sekolah internasional ataupun menjadi konsultan bagi perusahaan skala besar di Kota Tangsel.

“Ada ribuan WNA yang bekerja dan menetap di Tangsel. Melihat potensinya, kami memang sedang menyiapkan penarikan retribusi bagi warga asing di Kota Tangsel,” ujarnya.

Menurutnya rencana tersebut masih terus dibahas. Meski begitu, sejauh ini keberadaan WNA diakuinya sudah memberikan kontribusi positif terkait keberadaan mereka di Kota Tangsel.

“Salah satu kontribusinya yakni dari pajak yang mereka bayarkan saat makan atau berbelanja di Kota Tangsel. Kami menargetkan tahun depan Perda retribusi warga asing selesai dan bisa diberlakukan. Tujuanya tentu saja meningkatkan PAD Tangsel,” ucapnya.

Berdasarkan data terbaru Disdukcapil Kota Tangsel, tercatat ada 1.294 warga asing yang bermukim di Kota Tangsel. WNA tersebut berasal dari 43 negara.

Tiga besar negara penyumbang WNA terbesar di Kota Tangsel, yakni Korea Selatan dengan 148 WNA, Jepang 80 WNA dan  Australia 67 WNA. Angka tersebut naik dari tahun 2012 lalu yang berjumlah 729 orang.(awa)

Komentar Anda

comments