Soal Pasar, Walikota Ngadu ke Menteri Perdagangan

oleh -

Revitalisasi Pasar TradisionalPalapa News – Kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Gita Wirjawan ke Pasar BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dimanfaatkan oleh konsumen, pedagang bahkan Walikota setempat untuk mengadu terkait harga hingga kondisi pasar tradisional yang semrawut.

Kepada Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Airin menyampaikan bahwa banyak kondisi pasar-pasar tradisional di Kota Tangsel yang perlu segera direvitalisasi.

“Kita harapkan dari Kementerian Perdagangan bisa mengucurkan alokasi anggaran untuk pasar di Kota Tangerang Selatan atau yang kami butuhkan terhadap pasar-pasar tradisional,” kata walikota.

Persoalan belum diserahkannya aset pasar tradisional menurutnya juga menjadi kendala bagi pemerintah daerah setempat. Sedangkan pasar-pasar tradisional seperti pasar Ciputat, Jombang, Serpong, dan pasar Cimanggis, pengelolaanya masih dipegang oleh kabupaten induk.

Di wilayah Kota Tangerang Selatan, papar Walikota Airin, banyak terdapat pasar modern yang dikelola oleh pihak swasta. Misalnya, pasar Delapan Alam Sutera, Pasar Segar Bintaro dan lain sebagainya.

“Pasar Serpong pada 2007 sudah di revitalisasi tapi kita lihat pembangunannya belum maksimal. Karena masih banyak PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di tepi jalan yang menyebabkan kemacetan arus lalu lintas luar biasa. PR (pekerjaan rumah) kami adalah bagaimana kami melakukan penataan,” paparnya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan, pada tahun 2013 ini tengah menggulirkan program pengembangan pasar percontontohan kembali ditambah menjadi 23 lokasi. Program tersebut dimulai sejak tahun 2011 dengan 10 lokasi pasar dan pada 2012 ditambah menjadi 20 titik lokasi.(ymw)

Komentar Anda

comments