Penyakit Rujukan Ini Populer Sepanjang 2012

oleh -

RSU Kota Tangerang SelatanPalapa News – Jumlah pasien rujukan penderita gagal ginjal kronis sepanjang 2012 menduduki peringkat tertinggi di Rumah Sakit (RSU) Kota Tangsel.

Demikian dikatakan Direktur RSU Kota Tangsel, Neng Ulfa, dalam Forum SKPD Kesehatan di Ciputat. Menurutnya, hal itu mengacu pada grafik 10 besar dari kasus penyakit lainnya yang harus mendapatkan perawatan intensif.

“Ya memang, tahun lalu presentase pasien yang menderita penyakit gagal ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD) paling tinggi. Angkanya sampai 44 persen,” ujar Ulfa.

Ia menerangkan, seluruh pasien penyakit gagal ginjal kronis mayoritas merupakan rujukan. Pasalnya, menurut Ulfa, dari 25 puskesmas rawat inap dan layanan regular belum dilengkapi peralatan kesehatan penunjang pedeteksi penyakit itu.

Lantaran jumlah pasien rujukan yang menderita penyakit gagal ginjal kronis di RSU Kota Tangsel tergolong tinggi. Ulfa menerangkan bahwa dalam program peningkatan pelayanan kesehatan, pihaknya akan mengadakan penambahan alat.

Pada tahun anggaran 2013 ini diadakan sebanyak 4 TT mesin hemodialisa. Sementara di tahun mendatang jumlahnya akan kembali ditambah menjadi 6 TT hemodialisa.

“Semua pasien rujukan ini mendapatkan perawatan di IGD (Instalasi Gawat Darurat) RSU,” katanya.

Perlu diketahui, penyakit gagal ginjal kronis adalah proses kerusakan pada ginjal dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan. Gejala-gejala awal dari fungsi ginjal memburuk yang tidak spesifik biasanya muncul perasaan kurang sehat dan mengalami nafsu makan berkurang.

Tidak ada pengobatan khusus untuk memperlambat tegas menunjukkan memburuknya penyakit ginjal kronis. Jika ada penyebab yang mendasari untuk CKD, seperti vaskulitis, ini dapat diobati secara langsung dengan pengobatan bertujuan untuk memperlambat kerusakan.

Pada tahap yang lebih maju, pengobatan mungkin diperlukan untuk anemia dan penyakit tulang. CKD parah memerlukan salah satu bentuk terapi penggantian ginjal, ini mungkin merupakan bentuk dialisis, tetapi idealnya merupakan transplantasi ginjal.(ymw)

Komentar Anda

comments