Sehat dan Bugar di Usia Tua

oleh -

TANGERANG – Pada usia tua, seseorang sangat membutuhkan pola hidup yang baik, seperti makan, tidur, istirahat dan pekerjaan secara seimbang dan teratur. Karena pada usia tersebut, seseorang akan mengalami penurunan kondisi fisik.

Bila itu terjadi, maka berbagai gangguan fisik seperti gangguan fungsi jantung, fungsi ginjal serta fungsi motorik dan sensor tubuh, sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit yang diantaranya seperti, penyakit jantung, ginjal dan penyakit-penyakit lainnya.

Inisiatif mulia yang ingin disosialisasikan ke tengah masyarakat di lingkungan rumah sakit, membuat Rumah Sakit Awal Bros di KotaTangerang, bersama PT ABBOTT (ensure), menyelenggarakan seminar kesehatan, dengan tagline ‘sehat dan bugar di usia senja’ dan tajuk yang diambil, terkait penanganan serta pencegahan penyakit degeneratif, yang diselenggarakan pada Sabtu, 08 September 2012, di Auditorium lt.5 rumah sakit tersebut.

Pada seminar itu pula RS Awal Bros menghadirkan tiga pembicara sekaligus, yakni spesialis penyakit dalam RS Awal Bros, Dr Tolhas Banjarnahor SpPD; spesialis gizi RS Awal Bros, Dr Patricia M Gizi SpGK serta Nutrisionis ABBOTT, Sri Rahayu.

Dalam seminarnya, Dr Tolhas Banjarnahor SpPD, menjelaskan tentang serba serbi dan pencegahan serta penanganan penyakit degenerative seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, asam urat dan lain sebagainya. Dr Tolhas juga menambahkan tips-tips agar dapat menjadi seorang lansia yang aktif dan mandiri.

“Diet sesuai nutrisi yang lengkap dan seimbang, berfikir positif, tetap bersosialisasi, beraktifitas serta melakukan olahraga dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, merupakan beberapa tips untuk menjadi seorang lansia yang aktif dan mandiri,” kata Dr Tolhas dihadapan 120 pesertanya.

Dari sudut pandang gizi, Dr Patricia M Gizi SpGK, menuturkan pula tentang pola makan yang baik untuk lansia. Pola makan yang baik itu adalah jenis makanan yang padat yang memiliki kandungan nutrisi baik, ditambah suplemen atau susu, untuk menyempurnakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kaum lansia.

“Pola makan yang baik dan memiliki kandungan nutrisi komplit, merupakan pedoman bagi kaum lansia untuk dapat hidup sehat,” paparnya.

Senada Dr Patricia, Nutrisionis ABBOTT, Sri Rahayu, menambahkan, pola makan dan suplemen, haruslah didukung dengan tambahan susu yang juga baik bagi lansia. Untuk itu, Sri menawarkan ensure dengan segala kelebihan dan kebaikan untuk para lansia yang ingin hidup sehat dan bugar di usia senja.

Sementara, Manager Marketing RSAwal Bros Tangerang, Auladhi Rachman, menerangkan, seminar yang di gelar rutin itu, dibuat dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum, mengenai pencegahan dan penanganan penyakit degeneratif pada lansia.

”Kami rutin mengadakan seminar kesehatan untuk masyarakat awam seperti ini dengan tema yang berbeda setiap bulannya agar masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan sehingga dapat lebih preventif terhadap penyakit. Tidak hanya pengetahuan dari seminar saja, para peserta juga mendapatkan Cek lemak dan Cek kulit gratis setelah pelaksanaan seminar,” terangnya. (mfr)

Komentar Anda

comments