MUI Imbau Warga Salat Minta Hujan

oleh -

TANGERANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk salat Al Istiqo. Salat ini diharapkan dilakukan serentak untuk meminta turunnya hujan dan berharap musim kemarau segera dilalui.

Ketua Fatwa MUI Kota Tangerang, KH Baijuri Khotib, mengatakan, imbauan ini dilakukan mengingat musim kemarau yang berlangsung beberapa bulan terkahir telah membuat sejumlah wilayah di Tangerang mengalami kekeringan. Imbasnya, masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.

Dalam ajaran agama Islam, kata KH Baijuri, salat Istiqo bertujuan untuk meminta hujan kepada Allah. Salat tersebut sunahnya dilakukan dilapangan agar seluruh mahluk di dunia untuk meminta.

“Setiap ada persoalan, umat muslim diperintahkan untuk berdoa agar dimudahkan. Dan bila musim kemarau itu jadi persoalan, maka kita juga harus meminta kepada Allah. Berdoa yang dimaksud adalah dengan menggelar salat Istisqo,” kata Baijuri.

Rencananya, kata Baijuri, MUI Kota Tangerang juga akan mengirimkan surat edaran ke masjid-masjid mulai dari tingkat Kelurahan hingga Kecamatan se-Kota Tangerang untuk segera menggelar salat Istisqo. Ia juga meminta masyarakat untuk lebih bersabar menerima kemarau kali ini, dan menganggap hal tersebut salah satu cara agar masyarakat melakukan introspeksi diri.

“Jangan terus-terusan menyalahkan alam, karena hal tersebut bisa jadi salah kita. Maka ayo kita sama-sama berdoa, semoga kemarau segera berlalu dan kekeringan berhenti,” tegasnya.(nai)

Komentar Anda

comments