PKM Poris Gaga Gelar Donor Darah

oleh -

Palapanews- Untuk menciptakan budaya sehat bagi masyarakat Kota Tangerang, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kelurahan Poris Gaga, Kecamatan Batuceper, menggelar aksi donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang. Dalam donor darah tersebut, setidaknya 22 kantong darah terkumpul.

Kepala PKM Poris Gaga, Bakiatus Sholihat, mengatakan, aksi donor darah ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah. Apalagi, donor darah dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

“Aksi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di Puskesmas Poris Gaga, sebelumnya aksi seperti ini dilakukan pada Februari 2012 lalu,” ungkap Bakiatus Sholihat.

Wanita yang akrab disapa Ade ini menambahkan, untuk saat ini jumlah pendaftar sebanyak 34 orang, namun yang dapat melakukan donor darah setelah lolos pemeriksaan kesehatan hanya 22 orang.

“Jumlah ini mengalami peningkatan yang terbilang cukup, karena pada Februari lalu hanya ada 17 orang yang bisa mendonorkan darahnya,” katanya.

Pihaknya menginginkan aksi donor darah ini dilakukan 3 kali dalam setahun, sehingga aksi donor darah ini bisa dijadikan sebuah budaya baru untuk kesehatan masyarakat.

“Masyarakat harus mulai terbiasa mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Sementara itu ada beberapa manfaat yang bisa diambil ketika mendonorkan darah yakni  1. menjaga kesehatan jantung,  sebab zat besi yang ada dalam darah bila terus mengendap dan tidak dikeluarkan  akan membuat kekentalan darah menjadi tinggi sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, 2. meningkatkan sel darah merah dan masyarakat tidak usah takut darah akan habis, karena sel darah merah akan memproduksi darah baru yang lebih baik, 3. menurunkan berat badan, dengan donor darah akan membakar kalori sebanyak 650 kalori, 4. mampu mendeteksi penyakit serius. (PN-2)

Komentar Anda

comments