De Oranje Yakin Juara

oleh -

PN- Juara Piala Eropa 1988, Belanda, yakni dapat menjadi kampiun dalam helatan akbar empat tahunan Piala Eropa yang pada Juni ini digelar di Polandia dan Ukraina.

Apalagi, De Oranje –julukan Timnas Belanda- menjanjikan bakal tampil menyerang dalam Piala Eropa 2012 ini.

Isyarat Belanda akan memainkan gaya menyerang itu dinyalakan pelatih Bert van Marwijk. Ia menegaskan, De Oranje akan bermain attacking football, tanpa melupakan pertahanan.

“Kami ingin menyerang. Kadang Anda harus bermain menyerang dibandingkan sebelumnya,” kata Marwijk dalam situs UEFA seperti dikutip dari Goal.

Gaya menyerang, diyakini Marwijk sangat pas dengan karakter pemain Belanda yang mayoritas berusia muda dengan teknik dan mental semakin matang. Marwijk menganggap pasukannya punya potensi juara di Piala Eropa 2012. Sekaligus bisa mengakhiri penantian 24 tahun bagi Belanda menjadi kampiun Piala Eropa setelah juara edisi 1988.

Setidaknya, dengan modal pemain yang mayoritas ikut membawa Belanda runner-up Piala Dunia 2010, Marwijk tidak akan kesulitan dalam meramu strategi terbaik untuk memenuhi target juara di piala Eropa 2012.

“Di Piala Dunia, kami harus banyak bermain dengan penantang kami. Artinya, Anda harus lebih sabar, karena jika Anda keasyikan menyerang, lantas Anda tiba-tiba mendapat serangan balik yang berbahaya, kami tidak menginginkan itu.’’

Belanda akan mengawali perjuangan merebut juara Piala Eropa 2012 dengan menghadapi juara edisi 1992, Denmark, pada 9 Juni mendatang. Selanjutnya, De Oranje akan menjajal tim favorit juara, Jerman empat hari kemudian. Terakhir, Belanda akan menjajal tim kuat Portugal pada 17 Juni. (SDN/PN-1)

Komentar Anda

comments