Wali Kota Tangerang Ajak Semua Pihak Terlibat Entaskan Persoalan Sosial

Palapanews.com- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengajak seluruh unsur masyarakat terlibat dalam pengentasan persoalan sosial. Menurutnya, mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera tidak hanya menjadi tugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Demikian disampaikan Arief saat memberi arahan pada acara Gebyar PSKS dan Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sekaligus Pelantikan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Tangerang Periode 2021-2026 bertempat di Tangerang Convention Center (TCC) Kota Tangerang, Kamis (16/3/2023).

“Tentunya dalam mengentaskan persoalan sosial ini pemerintah tidak bisa sendiri. Perlu peran RT/RW, pemuka agama dan tentunya para PSM,” ujar Arief di hadapan 986 PSM Kota Tangerang.

Menurutnya, semua bisa berkontribusi dengan semangat kolaborasi dan gotong royong. Ia menyontohkan budaya kolaborasi dan gotong royong yang telah menjadi budaya masyarakat Indonesia, seperti saat masyarakat dengan sukarela menyumbangkan sebagian hartanya untuk pembangunan berbagai tempat ibadah.

“Jangan sampai tempat ibadah kita bagus dan mewah, namun ada masyarakat di sekitarnya yang kelaparan,” tegasnya.

Maka itu, Wali Kota mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja sesuai peran dan kontribusinya untuk menolong warga yang kurang mampu.

Peserta Gebyar PSKS foto bersama Wali Kota. Foto: Ydh

“Tempat ibadah punya peran sentral tidak hanya sebagai pusat kegiatan keagamaan, namun juga kegiatan sosial,” jelasnya.

Melalui pusat kegiatan keagamaan itu, menurutnya bisa membantu mengomunikasikan dengan para tokoh agama dan pengurus rumah ibadah di sekitarnya jika ada keluarga yang membutuhkan agar didata untuk diberikan bantuan dan pembinaan.

“Dengan begitu, penerima bantuan juga lebih taat beragama dan ajak untuk ikut kegiatan-kegiatan yang positif,” harap Arief kepada PSM.

Selain itu, Arief juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh PSM yang hadir atas kontribusinya dalam membantu mewujudkan kesejahteraan sosial di Kota Tangerang. Ia juga berharap agar para PSM dapat menjadi fasilitator sekaligus inisiator dalam mendorong partisipasi masyarakat dan para stakeholder serta lembaga-lembaga dan organisasi terkait agar terwujud kolaborasi dan gotong royong dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada para PSM di Kota Tangerang yang jumlahnya paling banyak se-Provinsi Banten ya ini, ya. Atas kontribusinya sebagai ujung tombak Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang sudah disiapkan.”

“Dan tentunya saya harapkan agar program-program dan bantuan sosial ini dapat tersalur dengan cepat dan tepat sasaran. Makanya dalam kesempatan ini saya meminta agar bapak ibu PSM ini untuk dapat memfasilitasi dan berkoordinasi dengan masyarakat dan RT/RW untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga dapat tercipta kolaborasi dengan mengedepankan budaya gotong royong dalam membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” paparnya.

“Kolaborasi inilah yang ingin coba kita dorong dan saya minta teman-teman PSM tolong agar dapat memfasilitasi,” urai Wali Kota.

Lebih lanjut, Arief berharap kegiatan pembinaan PSM tersebut dapat semakin memotivasi dan menambah semangat pilar-pilar sosial tersebut dalam menjadi ujung tombak peningkatan kesejahteraan sosial di Kota Tangerang.

“Semoga PSM di Kota Tangerang semakin HORE. Humanis, Optimis, Responsif dan Empati!” serunya. (adv)

Komentar Anda

comments