Dibangun dari Uang Rakyat, Dua IPA Milik PDAM Tirta Benteng Terlantar

Palapanews.com Instalasi Pengolahan Air (IPA) Minum milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng yang berlokasi di Perumahan Duta Garden dan Perumahan Banjar Wijaya kondisinya terbengkalai.

Kedua IPA tersebut dibangun menggunakan anggaran pendapata belanja daerah (APBD) Kota Tangerang dibangun pada tahun 2010-2011.

Diketahui, IPA yang berlokasi di Perumahan Duta Garden Kecamatan Benda ini memiliki kapasitas 50 liter/detik dengan mengambil air baku dari Kali Cisadane Timur, sedangkan IPA di Perumahan Banjar Wijaya memiliki kapasitas 30 liter/detik ini mengambil air baku dari Situ Cipondoh dan didukung dengan teknologi Ultrafiltrasi.

Muslih, salah satu warga menerangkan, jika kantor PDAM ini sudah lama sepi, waktu dulu kantor ini terbilang aktif dalam hal pelayanan air bersih.

“Sekarang sepi di tempat ini, paling cuma ada security yang menjaganya. Dulu penyalanan air bersih berasal dari tempat ini,” katanya secara singkat.

Hal senada juga disampaikan Hasan, menurutnya, IPA ini merupakan aset PDAM Tirta Benteng yang harus bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minim atau aset ini berasal dari uang rakyat. “PDAM Tirta Benteng sampai Pemerintah Kota Tangerang harus bertanggungjawab atas aset ini. Jangan dibiarkan terbengkalai seperti ini,” paparnya seraya menambahkan, gunakan uang rakyat (APBD) ini sebaik mungkin karena dari uang rakyatlah pembangunan ini bisa terjadi.

“Tidak hanya pembangunan saja, tapi gaji-gaji para pegawai PDAM Tirta Benteng hingga pegawai Pemkot Tangerang juga berasal dari uang rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu penjaga kantor Instalasi Pengolahan Air Minum milik PDAM Tirta Benteng yang ditemui di lokasi menyampaikan, jika kantor ini sudah lama tidak beroperasi. “Sudah lama tidak beroperasi mas, lebih jelasnya silahkan ke Kantor Pusat PDAM Tirta Benteng saja yang ada di Neglasari,” ucapnya.(ydh)

Komentar Anda

comments