Asuransi Mobil Gempa Bumi, Apa Saja Manfaatnya?

Palapanews.com- Lokasi geografis Indonesia yang rawan gempa bumi karena berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik membuat bencana alam satu ini perlu diwaspadai. Untuk meminimalisir kerugian terutama dari sisi finansial, penting untuk pemilik kendaraan mengetahui asuransi mobil gempa bumi dan manfaatnya.

Seperti diketahui, gempa bumi hebat terjadi di Cianjur dan Sukabumi pada akhir tahun 2022 lalu. Sedangkan pada awal tahun ini, gempa bumi juga terjadi di dua wilayah Indonesia, yaitu Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peristiwa tersebut tak hanya menimpa mereka dan merusak harta benda, tetapi juga kendaraan di rumah. Karena itu, penting bagi pemilik mobil memiliki asuransi mobil gempa bumi agar terhindar dari membengkaknya biaya perbaikan akibat bencana alam tersebut.

Untuk itu, Duitpintar.com sebagai asuransi online terbaik yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta menawarkan klaim mudah dan dibantu, memberikan informasi mengenai asuransi gempa bumi dan manfaatnya.
Apa Itu Asuransi Gempa Bumi?

Asuransi gempa bumi adalah produk asuransi yang akan memberikan jaminan penggantian biaya akibat kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam gempa bumi.

Namun umumnya, produk asuransi ini tidak hanya memberikan jaminan terhadap bencana gempa bumi saja, tetapi bencana lainnya juga, seperti letusan gunung berapi, tsunami, dan kebakaran.

Dengan memiliki asuransi ini, kita akan mendapatkan ganti rugi untuk barang-barang yang telah dijamin yang rusak akibat gempa bumi. Termasuk, harta benda berupa kendaraan roda empat alias mobil.

Manfaat Asuransi Gempa Bumi

Selain mendapat ganti rugi untuk barang-barang yang telah dijamin yang rusak akibat gempa bumi disebabkan pergerakan tektonik, bisa juga karena letusan gunung berapi. Selain itu, jaminan akan diberikan jika terjadi kebakaran atau ledakan lantaran gempa bumi secara langsung.

Jika kerusakan disebabkan gempa bumi yang disertai tsunami, kita bisa mendapatkan jaminan atas semua kerusakan baik harta benda maupun bangunan seperti yang telah disepakati di awal.

Dengan asuransi gempa bumi, kita dapat mengasuransikan bangunan, perabot rumah tangga, perlengkapan rumah, mesin, barang dagangan, persediaan atau barang jadi, dan sebagainya.

Namun, perlu dipahami terdapat beberapa risiko yang tidak dijamin asuransi gempa bumi, di antaranya:

● Kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase atau penjarahan.
● Reaksi nuklir.
● Tertabrak kendaraan.
● Angin topan dan badai.
● Banjir.
● Pencurian.
● Dan lain-lain sesuai ketentuan di dalam polis asuransi.

Pengecualian Dalam Asuransi Gempa Bumi

Asuransi gempa bumi tidak menjamin kerugian atau kerusakan harta benda dan kepentingan yang dipertanggungkan, apabila kerusakan atau kerugian tersebut secara langsung atau tidak langsung disebabkan atau diperburuk oleh:

1. Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, perbuatan jahat, huru-hara, gerakan atau pembangkitan rakyat, kudeta, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, tindakan makar, terorisme, sabotase atau penjarahan;

2. Reaksi nuklir, termasuk tapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radioaktif. Pengecualian ini tanpa memandang apakah:

● Kejadiannya di dalam atau di luar bangunan di mana harta benda disimpan
● Kepentingan yang dipertanggungkan dalam pengawasan Tertanggung atau tidak
● Kerugian tersebut langsung atau tidak langsung, proxima atau remota atau seluruhnya atau sebagian disebabkan oleh atau akibat dari atau menjadi lebih buruk oleh bahaya yang dipertanggungkan.

3. Tabrakan kendaraan.

4. Bencana angin topan atau badai apapun bentuknya, baik hal tersebut disebabkan oleh bencana yang dipertanggungkan atau tidak.

5. Banjir dan atau genangan air, kecuali yang terjadi akibat gempa bumi atau bencana lain yang dipertanggungkan dan terjadi dalam kurun waktu tiga hari terhitung sejak bencana tersebut terjadi.
Asuransi Mobil Gempa Bumi
Setelah memahami asuransi gempa bumi, penting untuk mengetahui asuransi mobil gempa bumi. Seperti diketahui, terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa dipilih untuk melindungi kendaraan, yaitu comprehensive atau All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Adapun comprehensive merupakan perlindungan asuransi yang menjamin kerugian/kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin dalam polis. Sedangkan TLO atau kerugian total akibat risiko yang dijamin dalam polis hingga kehilangan kendaraan.

Sejumlah risiko yang dijamin adalah tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, hingga kebakaran. Akan tetapi, dalam hal peristiwa bencana alam gempa bumi, maka Tertanggung harus memiliki perluasan jaminan.

Dengan adanya perluasan jaminan, maka perusahaan asuransi dapat menanggung bencana alam yang tidak diinginkan. Perluasan jaminan itu biasanya berupa gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi, diikuti dengan perluasan jaminan banjir, angin topan, badai, tanah longsor.

Selain itu, terdapat pula perluasan jaminan kerusuhan, pemogokan, dan huru-hura (SRCC), perluasan jaminan terorisme dan sabotase. Serta, perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi, perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, juga perluasan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Itulah pemaparan mengenai produk asuransi gempa bumi dan manfaatnya yang bersumber dari DuitPintar. Semoga bermanfaat! (*)

Komentar Anda

comments