4 Alasan Mengapa Medan Layak Disebut Kota Investasi Properti

 Palapanews.com- Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, pertumbuhan pasar properti di Medan tampaknya terus menggeliat. Bahkan Medan disebut-sebut sebagai salah satu destinasi investasi properti paling diminati di luar Pulau Jawa.

Menurut Mart Polman, CEO Lamudi.co.id, belakangan kota Medan banyak dilirik oleh para investor properti, karena peminat pembeli rumah di sana cukup tinggi. Menariknya lagi, para investor tersebut ternyata bukan hanya berasal dari masyarakat lokal saja, tetapi juga meluas dari berbagai kota di Indonesia.

“Banyak masyarakat yang memilih untuk investasi di Medan karena kota ini menawarkan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan,” kata Mart.

Nah, bagi Anda yang berencana investasi properti, khususnya rumah, berikut ini adalah 4 alasan yang membuat mengapa kota Medan layak dijadikan daerah tujuan investasi properti.

Minat Membeli Rumah yang Selalu Meningkat

Berdasarkan data perusahaan properti teknologi (PropTech) Lamudi.co.id, minat membeli rumah di Medan setiap tahunnya terus merangkak naik. Contohnya pada kuartal I tahun 2022 orang yang mencari iklan rumah di Medan meningkat sebesar 8.09 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2021.

Meningkatnya jumlah minat mencari rumah tersebut bisa menjadi indikator yang kuat bahwa kota Medan sangat potensial untuk dijadikan lokasi investasi properti. Terutama bagi mereka yang mengincar keuntungan dari capital gain. Saat ini rata-rata harga rumah dijual di Medan mencapai Rp6.610.000 per meter persegi.

Mengalami Perkembangan Jumlah Penduduk

Indikator lainnya yang membuat mengapa kota Medan layak dijadikan destinasi investasi properti karena kota tersebut mengalami perkembangan jumlah penduduk yang cukup signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di kota Medan mencapai 2,43 juta orang atau sekitar 16,46 persen dari seluruh penduduk di Sumatera utara.

Adanya Kelengkapan Infrastruktur

Kota Medan juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur yang dapat mempermudah mobilitas masyarakat di sana. Contohnya seperti adanya Tol Medan – Binjai yang dibuat sepanjang 16,8 kilometer, Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi yang dibuat sejauh 61,80 kilometer serta Fly Over Jalan Gatot Subroto.

Banyak Proyek Perumahan Dibangun

Di Medan saat ini juga telah banyak dibangun beragam proyek perumahan, contohnya seperti Taman Malibu Indah, CitraLand Gama City, Royal Sumatera dan lain sebagainya. Kehadiran perumahan ini tentunya dapat membuat calon pembeli rumah memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan hunian sesuai dengan keinginan mereka. (red)

Komentar Anda

comments