PPDB SMP di Kota Tangerang Dimulai, 10.782 Kuota Disiapkan

Palapanews.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahap pertama mulai berlangsung di Kota Tangerang mulai tanggal 27 sampai 28 Juni 2022 yang menempuh jalur zonasi dan juga bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Pelaksanaan PPDB tahap pertama ini langsung ditinjau oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Jamaluddin.

“Kita pantau hari pertama PPDB tingkat SMP, sambil melihat apa yang menjadi kekurangan,” ujar Wali Kota saat meninjau PPDB di SMP Negeri 1 Kota Tangerang, Senin, 27 Juni 2022.

Wali Kota menambahkan, PPDB tingkat SMP tahun 2022 berlangsung dengan menggunakan sistem daring, orang tua dan peserta didik disarankan untuk tidak datang langsung ke sekolah yang dituju.

“Kalaupun ada yang datang hanya sekedar meminta PIN untuk mendaftar secara online. Untuk informasi tentang pendaftaran juga bisa diakses melalui website,” jelas Wali Kota kepada petugas PPDB.

Terkait zonasi, orang nomor satu di Kota Tangerang ini menyampaikan, Pemkot Tangerang telah melakukan sinkronisasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai penyesuaian data siswa pada sistem zonasi berdasarkan tempat tinggal per bulan Mei 2021.

“Supaya anak yang benar – benar tinggal di sekitar sekolah bisa diterima,” pungkas Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin menambahkan,Ā  masing-masing jalur penerimaan memiliki kuota yang berbeda-beda. Untuk jalur zonasi, tersedia sebanyak 50%, jalur prestasi sebanyak 30%, jalur afirmasi sebanyak 15%, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5%.

“Kuota untuk SMP itu disiapkan sebanyak 10.782 siswa di 33 sekolah di Kota Tangerang. Untuk orang tua, tidak perlu khawatir jika anaknya tidak diterima pada Tahap I, karena ada Tahap II jika masih ada sisa kuota. Apabila masih belum diterima, nanti akan diarahkan untuk mendaftar ke swasta,” jelasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran dan daftar ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dapat dilakukan melalui lamanĀ www.ppdbmandiri.tangerangkota.go.idĀ sedangkan informasi terkait PPDB dapat dilihat di lamanĀ www.ppdb.tangerangkota.go.id.(ydh)

Komentar Anda

comments