NOISE: Cacat dalam Pertimbangan Manusia Daniel Kahneman

Palapanews.com – Bayangkan dua dokter di kota yang sama memberi diagnosis yang berbeda bagi pasien yang identik—atau dua hakim memberi hukuman yang berbeda ke orang yang melakukan kejahatan yang sama.

Sekarang bayangkan dokter yang sama atau hakim yang sama membuat keputusan yang berbeda, tergantung dia membuatnya pada hari Senin atau Rabu, sebelum atau sesudah makan siang. Itulah contoh-contoh noise (kegaduhan): keragaman di pertimbangan yang seharusnya identik.

Di buku ini, Daniel Kahneman, Olivier Sibony, dan Cass R. Sunstein menunjukkan bagaimana kegaduhan menghasilkan kesalahan di banyak bidang, termasuk kedokteran, hukum, kesehatan masyarakat, prakiraan ekonomi, ilmu forensik, perlindungan anak, strategi kreatif, tinjauan kinerja, dan penerimaan pelamar kerja.

Kita semua membuat lebih banyak pertimbangan buruk daripada yang kita duga. Penuh gagasan baru dan menggunakan pendekatan yang membuat Thinking, Fast and Slow serta Nudge menjadi buku-buku yang dibaca banyak orang, Noise menunjukkan batas-batas kita dalam membuat keputusan, dan menawarkan jalan praktis untuk memperbaiki cara kita berpikir. (red)

Komentar Anda

comments