Panduan Menjadi Praktisi Data untuk Non IT di Era Gempuran Data

Palapanews.com – Di era gempuran data, perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kompetensi data science. Meski umumnya data science dipelajari oleh mereka yang memiliki background pendidikan IT. Namun, banyak Non IT juga yang berminat berkarir di bidang data.

Melihat antusias tersebut, DQLab mengadakan Talkshow spesial untuk Non IT. Acara ini dilaksanakan secara daring pada Rabu, 5 Januari 2022, dengan materi Tips Sukses Berkarir Menjadi Praktisi Data Khususnya Data Analyst dari Background IT. Materi tersebut akan dipaparkan oleh Nelda Ampulembang sebagai Senior Data Analyst di Logisly.

Secara pendidikan, Nelda sempat belajar math dan marketing manajemen. Awal mula tertarik dengan data, saat ia mempelajari mata kuliah big data. Awal karir dia dimulai menjadi Data Analyst di Tokopedia.

Sebagai Data Analyst, selain memiliki technical skill, juga harus memiliki kemampuan analisa data. Nelda juga bercerita saat ia interview di Tokopedia sebagai Non IT. Menurutnya, bekerja di bidang data wajib bisa berpikir logis dan memiliki kerangka berpikir untuk memecahkan suatu masalah.

“Waktu saya interview di Tokopedia, saya diberi case study dan tes logic untuk melihat kemampuan dan proses berpikir saya. Kebetulan jawaban saya memenuhi, sehingga diberi kesempatan,” ujar Nelda.

Nelda menyampaikan beberapa tips belajar data science untuk berkarir sebagai praktisi data. Praktisi data khususnya Data Analyst, wajib menguasai basic skill seperti SQL dan visualisasi tools. Contoh tools yang bisa digunakan adalah Tableau, Power BI dan Pyton serta R menjadi nilai plus jika bisa menguasainya.

Selain basic skill, calon talenta data harus terbiasa mengerjakan project agar pola pikir terus terasah. Ketika praktisi data terjun ke industri langsung, ia akan dihadapkan dengan berbagai permasalah, sehingga dibutuhkan pola pikir problem solving.

“Saat diberi dataset perusahaan, jangan lupa beri rekomendasi untuk perusahaan tersebut,” kata Nelda.

Baca juga : Tetris Program #StackYourSkill DQLab Hadir Beri Beasiswa Data Science dan Kesempatan Berkarir

Ada beberapa tips membangun portofolio ala Nelda. Basic skill menjadi hal utama yang diperhatikan dari fresh graduate. Sedangkan hal utama yang perlu ditulis di portofolio bagi yang sudah pernah bekerja adalah menulis deskripsi pengalaman pekerjaan yang relate ke bidang data.

Di bagian project, calon praktisi data bisa mencantumkan project yang benar-benar dikuasai. Karena saat interview, recruiter akan meminta talenta data untuk menjelaskan project tersebut. Dalam memilih project, yang perlu diperhatikan lagi adalah mencantumkan project yang crusial dan relate dengan perusahaan yang dilamar. Misal, saat melamar di perusahaan e-commerce, usahakan project yang dicantumkan tentang e-commerce juga.

“Untuk pengalaman kerja tidak harus sudah pernah mengoperasikan SQL, namun pengalaman dalam membantu analisis juga bisa dicantumkan. Karena Data Analyst juga tidak hanya SQL, tapi ada sisi strategi bisnis atau membantu reporting,” ucap Nelda.

Baca juga : Fitur Excel yang Berguna untuk Pekerjaan Sehari-hari Versi DQLab UMN

Tips melamar menjadi praktisi untuk fresh graduate tanpa background pendidikan IT adalah memahami tentang perusahaan yang akan dilamar, serta perhatikan juga bahasa yang digunakan dalam membuat CV atau portofolio. Cantumkan juga kegiatan yang pernah dilakukan secara signifikan dan project yang pernah dikerjakan ketika kursus atau belajar data science.

“Untuk fresh graduate yang Non IT, bisa cantumkan pengalaman dalam mengerjakan project saat kursus. https://dqlab.id/ juga menyediakan beberapa project, itu bisa dicantumkan,” tambahnya.

Sebelum menutup Talkshow Nelda berpesan, mungkin tugas fresh graduate dan Non IT akan lebih berat, namun dengan sering mengerjakan project, talenta data akan memiliki nilai plus. Jangan takut untuk mencoba karena pola interview bagi fresh graduate dan yang sudah memiliki pengalaman akan berbeda.

Terbiasa melatih pola pikir problem solving bisa menjadi nilai plus untuk fresh gradute dan Non IT. Mulai dengan project yang sudah disediakan https://dqlab.id/, akan lebih mempermudah calon praktisi data. (red)

Komentar Anda

comments