Daerahnya Blank Spot, Warga Mancak Minta Fasilitas Akses Internet

Palapanews.com – Guna memenuhi kebutuhan akses internet yang sangat mendesak dalam rangka merealisasikan program desa digital, warga Kecamatan Mancak meminta Pemkab Serang untuk memfasilitasi akses internet. Pasalnya, di wilayah ini Blank Spot atau titik kosong, sulit mendapatkan jaringan telekomunikasi.

Asep Saeful Rohman, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi Kecamatan Mancak, menyebutkan semua desa blank spot untuk di Kecamatan Mancak meliputi Desa Cikedung, Winong, Sangiang, dan Desa Batukuda, Desa Balekencana, Desa Talaga, Balekambang, dan Desa Mancak.

“Maka seandainya memungkinkan kami memohon untuk dibantu diberikan akses internet ini, supaya semua warga bisa mendapatkan akses internet sehingga dalam mengakses informasi jauh lebih mudah,” harap Asep, Senin (27/12/2021).

Sebagaimana diketahui Blank Spot atau titik kosong merupakan suatu titik lokasi yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi, dengan kata lain tidak tercover oleh menara telekomunikasi dan perangkatnya yaitu BTS (Base Transceiver Station).

“Kita memang punya program desa digital, tapi kemudian untuk menjadi desa digital syarat wajibnya adalah akses internet. Kami tidak bisa melaksanakan program itu kalau tidak ada jaringan infrastruktur internet kesetiap desa,” ucap pria yang menjabat Kepala Desa Sangiang itu.

Asep mewakili masyarakat Kecamatan Mancak berharap kepada Pemkab Serang dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik dapat memberikan bantuan untuk akses internet.

Senada dikatakan Kades Cikedung, Herman, pihaknya mengeluhkan sulitnya akses internet untuk mendapatkan informasi. “Terkadang kalau ada informasi dari kecamatan dan lainnya, kami selalu terlambat karena sulit mendapatkan jaringan internet,” ujarnya.

Baca juga : Diskominfosatik Kabupaten Serang Bakal Latih Mahasiswa Berbagai Universitas

Menanggapi keluhan tersebut Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya menjelaskan, bahwa masih adanya puluhan desa di Kabupaten Serang termasuk beberapa desa di Kecamatan Mancak, Cinangka, Padarincang yang masih sulit untuk mendapatkan sinyal karena topografi wilayah di Kabupaten Serang, berupa pegunungan, lembah serta dataran yang memang memerlukan infrastruktur jaringan internet yang memadai.

“Hal tersebut menjadi tugas kita bersama untuk memfasilitasi dan mendorong adanya infrastruktur jaringan internet di daerah yang masih blank spot. Kami juga berupaya untuk menyampaikan permasalahan blank spot ke Kementrian Kominfo baik melalui surat maupun melalui berbagai kegiatan, karena pembangunan infrastruktur internet memerlukan anggaran yang cukup besar,”beber Anas.

Anas yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) memastikan akan terus berupaya guna bisa memfasilitasi bantuan jaringan internet di desa-desa yang ada di Kabupaten Serang.

“Langkah kami ke depan adalah dengan terus berkoordinasi dengan kementrian kominfo, serta beberapa provider yang ada di Kabupaten Serang agar masalah blank spot dapat berkurang jumlahnya,” terang Anas. (rls/bd)

Komentar Anda

comments