Belajar Data Science Gratis di DQLab UMN

Palapanews.com – Seiring berkembangnya teknologi dan tren yang terus berubah, baik disadari ataupun tidak, kita hidup dikelilingi oleh data. Data ini lebih dikenal khalayak dengan sebutan big data, dalam big data sendiri terdapat tiga jenis data, yaitu data terstruktur, tidak terstruktur, dan semi-struktur. Lalu, apa hubungannya big data dengan Data Science?

Data Science merupakan salah satu jenis dari big data, yaitu data yang tidak terstruktur. Data tidak terstruktur atau unstructured data merupakan bentuk data yang tidak dikenal. Hal ini membuat perusahaan mengalami banyak hambatan dalam tahap pengolahannya karena bentuknya yang beragam. Oleh karena itu, kali ini DQLab akan memberikan kalian informasi seputar Data Science yang wajib kalian ketahui.

1. Apa Itu Data Science?
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Data Science merupakan salah satu jenis big data. Secara lengkap, Data Science adalah disiplin ilmu yang mempelajari studi mengenai data mentah yang akan diolah melalui keterampilan analitis, programing, dan bisnis. Pengaplikasiannya menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk menghasilkan atau mengetahui suatu pola dan tren dari data-data yang terkumpul.

Terdapat beberapa profesi yang menggunakan Data Science sebagai dasarnya, yaitu Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, Developer atau Developer Operations. Namun, saat ini terdapat tiga profesi yang paling digemari masyarakat dan sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar hingga startup. Profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.

2. Keuntungan Belajar Data Science
Data Science menjadi dasar tiga profesi terkeren dan yang paling diminati saat ini oleh masyarakat. Selain profesi-profesinya yang menarik minat masyarakat, ketiga profesi tersebut menjadi incaran perusahaan-perusahaan di Indonesia karena jumlah tenaga kerjanya yang terbilang masih sangat sedikit di Indonesia. Banyak tenaga kerja yang sudah menjadi ahli, namun lebih memilih untuk berkarir di luar negeri dikarenakan dulu profesi-profesi ini belum menarik bagi masyarakat.

Keuntungan lainnya apabila kalian belajar Data Science adalah kalian bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tren dan perkembangan zaman yang semakin pesat. Selain itu kalian bisa menambah wawasan dengan mempelajari bidang lainnya seputar Data Science yang masih berkaitan dan tentunya menguntungkan untuk kalian.

3. Kegunaan Data Science dalam Berbagai Bidang
Kegunaan Data Science yang sudah masyarakat ketahui adalah kegunaannya di bidang bisnis, karena saat ini perusahaan-perusahaan mengumpulkan informasi yang mereka miliki dalam bentuk kumpulan data dan informasi yang mereka butuhkan juga dalam bentuk yang sama. Untuk bidang bisnis sendiri, Data Science dapat membantu perusahaan mengetahui perilaku dan kesukaan konsumen sehingga mereka dapat menyajikan produk yang memiliki kesempatan untuk terjual banyak.

Selain dalam bidang bisnis, Data Science juga berguna dalam bidang kesehatan. Karena kemampuannya untuk memprediksi sesuatu dapat terbilang cukup tepat, Data Science dapat memprediksi kapan wabah penyakit yang terjadi dalam satu wilayah. Dan untuk bidang keuangan, Data Science dapat digunakan untuk memastikan akun nasabah benar atau tidak sehingga tidak akan terkecoh.

4. Program Belajar Data Science di DQLab UMN
Dengan informasi-informasi yang telah disampaikan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Data Science sangat berguna untuk teman-teman pelajari. Terdapat beberapa cara untuk belajar Data Science, namun yang paling tepat adalah dengan menggunakan kursus agar pembelajaran yang kalian terima tuntas dan lengkap.

DQLab merupakan salah satu kursus yang sudah terbukti melahirkan banyak individu baru dalam industri data. Tidak ada latar belakang khusus untuk mengikuti kursus di DQLab, kalian dapat mengikuti tiga program yang DQLab sediakan. Program belajar yang pertama adalah program gratis yang dimana nantinya kalian bisa mengerjakan dua buah module mengenai Data Science secara gratis.

Program yang kedua adalah program premium, disini kalian bisa mengerjakan enam buah module yang telah disediakan. Dan yang terakhir adalah program platinum, dalam program ini terdapat enam buah module dengan bantuan beberapa pengajar. Namun untuk program platinum kalian perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk dapat mengaksesnya.

5. Ayo Mulai Belajar Bersama DQLab!
DQlab merupakan tempat yang tepat untuk teman-teman mempelajari Data Science, disini kalian dapat mengembangkan tidak hanya hard skill, tetapi juga soft skill yang merupakan skill-skill penting untuk memulai karir dalam industri data. Apabila kalian tertarik, kalian bisa mulai dengan sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung menikmati program gratis yang berisikan dua module untuk kalian kerjakan, lho! Yuk, tidak perlu tunggu lama, mulai langkah pertama kalian untuk mempelajari Data Science dengan DQLab.id! (red)

Komentar Anda

comments