Antisipasi Radikalisme dan Aliran Kepercayaan, Kejari Kota Tangerang Gelar Rakor

Palapanews.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang menggelar rapat Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM) yang berada di wilayah Kota Tangerang.

Rapat koordinasi (rakor) tersebut dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh Kajari Kota Tangerang, I Dewa Gede Wirajana selaku Ketua Tim PAKEM, Kamis, 9 September 2021.

Rapat koordinasi Tim PAKEM ini dipimpin oleh Kasi Intelijen Kejari Kota Tangerang, R. Bayu Probo Sutopo yang didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Pemkot Tangerang, Irman Pujahendra dan Kepala Bidang Kewaspadaan Dini Kesbangpol, Amir Hamzah ini mengambil tema “Gerakan Tim Pakem Dalam Koordinasi Cegah Bersama Gerakan Radikal Teroris”.

Kasi Intelijen Kejari Kota Tangerang, R. Bayu Probo Sutopo mengatakan, kegiatan ini untuk mengawasi aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang berkembang di wilayah Kota Tangerang.

“Radikalisme dan terorisme kita bahas karena gerakan kedua paham tersebut sudah membawa narasi agama. Ada irisan yang berbeda antara kepercayaan dengan keagamaan. Sehingga, tim PAKEM harus seiring dan sejalan menyikapi hal tersebut,” kata Bayu Probo Sutopo di Aula Kejari Kota Tangerang.

Pria yang memiliki hobi off road ini menambahkan, ada aliran kepercayaan dan keagamaan yang masuk ke wilayah Kota Tangerang. Untuk itu, diperlukan sinergitas untuk mendeteksi dan identifikasi.

“Arahnya kemana?. Pro atau kontra dengan tujuan nasional. Bertentangan kah dengan ajaran agama yang ada di Indonesia. Sinergitas harus terus dibangun antara Kejaksaan, Pemkot Tangerang, Kodim, DPRD, dan Polres,” pungkasnya.

Selain dibutuhkan sinergitas antar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kehadiran atau dukungan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas, media, dan pemangku kepentingan juga dibutuhkan. Sebab, paham idiologi saat ini terus berkembang mengendalikan kepribadian seseorang. Idiologi bangsa Indonesia adalah idiologi Pancasila. Penuh toleransi dan tenggangrasa yang harus dijaga dan dipertahankan.

“Kita harus bersama-sama turun ke lapangan untuk mencegah dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments