Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Saat Pandemi, IKPP Tangerang Kucurkan Bantuan

Palapanews.com – Awal tahun 2020, seluruh dunia dihadapkan dengan kondisi darurat yaitu pandemi Covid-19 dan Indonesia salah satu dari 215 negara yang terkena pandemi Covid-19.

Tidak hanya sektor kesehatan, sektor pangan yang merupakan kebutuhan dasar bagi manusia juga ikut terancam. Oleh karena itu, kondisi ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang serius untuk diperhatikan.

Terkait hal tersebut maka PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk – Tangerang Mill yang merupakan perusahaan kertas dibawah APP Sinarmas, ikut peduli terhadap kesulitan masyarakat di masa pandemi dengan memberikan berbagai bantuan. Diharapkan bantuan itu dapat meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya masyarakat di sekitar perusahaan.

“Di tengah pandemi, untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Serpong Utara, IKPP memberikan bantuan ketiga wilayah, untuk Pakulonan Barat dan Kampung Wates RW 03 Kelurahan Pakulonan diberikan bibit, pakan dan peralatan. Sedangkan untuk wilayah Pondok Jagung Timur diberikan bantuan pembuatan atap kolam pembibitan lele,” beber Kholisul Fatikhin, Head of Sustainability PT. IKPP Tangerang, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, sebelumnya PT IKPP juga telah memberikan berbagai bantuan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan, diantaranya; Kelompok Tani Amor Pakualam diberi dua rangkaian hidroponik dengan 2.000 lubang tanam dan tiga kolam budidaya lele dengan 3.000 bibit.

Kemudian, KWT Hijau Kreatif Pakujaya diberi bantuan tiga rangkaian hidroponik dengan 960 lubang tanam, KWT Mentari Jelupang satu rangkaian dengan 1.000 lubang tanam serta KWT Kemangi Pakualam satu rak dengan jumalh 320 lubang tanam.

Baca juga: IKPP Tangerang Kucurkan Bantuan Kepiting Siap Telur di Pantura Tangerang

Masih menurut Kholisul, sebelum memberikan bantuan peralatan pertanian dan budidaya lele, pihaknya telah melaksanakan pelatihan tanaman hidroponik beberapa waktu lalu.

Kemudian untuk beberapa kelompok tani yang bisa mengembangkan hasil taninya diberikan tambahan peralatan agar lebih memproduksi. Sedangkan untuk kelompok tani yang baru mendapatkan bantuan rangkaian hidroponik, maupun kolam lele agar bisa berhasil hingga panen.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan IKPP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi,” ucap Kholisul penuh harap. (bd)

Komentar Anda

comments