Pemkot Tangerang bakal Bentuk 115 Kampung Iklim

Palapanews.com- Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup serta upaya mitigasi dan adaptasi atas dampak perubahan iklim, Pemerintah Kota Tangerang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyelenggarakan sosialisasi Program Kampung  Iklim (Proklim), tingkat Kota Tangerang, melalui meeting online, Kamis, 15 April 2021.

Dalam sosialisasi ini, DLH menghadirkan pembicara dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Diikuti para peserta, mulai dari Camat, Lurah hingga 115 calon inisiator Kampung Iklim di Kota Tangerang.

“Dalam sosialisasi kali ini, Pemerintah Kota Tangerang bersama seluruh inisiator menyamakan persepsi, untuk mengimplementasikan indikator Kampung Iklim, menciptakan Kota Tangerang yang bersih, hijau dan asri. Sehingga, tujuan dari Kampung Iklim bisa sama-sama kita capai,” ungkap Tihar Sopian, Kepala DLH Kota Tangerang.

Ia menuturkan, untuk tahun ini DLH akan membentuk atau menambah 115 Kampung Iklim untuk melengkapai 125 kampung iklim yang sudah ada. DLH juga akan mengirim 12 kampung iklim di Kota Tangerang untuk mengikuti lomba kampung iklim tingkat nasional.

Selain itu, Tihar menjelaskan, melalui kegiatan ini peserta dapat meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim, dan dampak yang ditimbulkannya. Sehingga, seluruh calon inisiator dapat terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat untuk menghadapi perubahan ikim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan efek gas rumah kaca.

“Program Kampung Iklim sudah membawa banyak perubahan untuk Kota Tangerang. Terutama, mengurangi potensi banjir. Maka, saya harap masyarakat bisa memperkuat indikator Kampung Iklim, mulai dari membuat lubang biopori, banyak menanam pohon, pemahaman air, pemahaman lahan perkarangan,hingga pengelolaan sampah. Sehingga Kota Tangerang kian hijau dan berprestasi,” jelas Tihar

Adapun lokasi pembentukan Kampung Iklim 2021 diantaranya:

1. RW.001 Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda.

2. RW.004 Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda

3. RW.002 Kelurahan Poris Jaya, Kecamatan Batuceper.(ydh)

Komentar Anda

comments