Pemkot Tangsel Bakal Tindak Pelaku Parkir Liar di Trotoar Rawa Buntu

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberi peringatan kepada pelaku parkir liar di trotoar Jalan Rawa Buntu, Serpong. Pemkot Tangsel akan menerjunkan Satpol PP hingga Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menindak parkir liar di trotoar tersebut.

“Kami menyesalkan trotoar digunakan untuk selain pejalan kaki. Kami sudah perintahkan unit gabungan Dishub, Satpol PP, Dinas PU dan Satlantas Polres Tangsel, untuk lakukan penataan dan penertiban sesuai tupoksi masing-masing,” kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Senin (5/4/2021).

Meski begitu, Benyamin mengaku belum ada penindakan apa pun yang dilakukan terkait hal tersebut. Untuk itu, Benyamin memerintahkan petugas gabungan untuk turun langsung melakukan penindakan.

“Nampaknya belum ada penindakan, makanya saya tugaskan untuk turun ke lapangan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, Aries Kurniawan mengatakan pembangunan pedestrian di Rawa Buntu mengadopsi DKI Jakarta. Infrastruktur tersebut sengaja dibuat untuk penunjang warga pejalan kaki, pengendara sepeda hingga kaum disabilitas.

“Menuju fasilitas angkutan massal Stasiun Rawa Buntu dan tempat wisata Jaletreng di Taman Kota 2 BSD,” kata Aries.

Ia menerangkan, kontruksi pembangunan pedestrian sengaja dibuat landai. Desain corak warna-warni untuk memperindah pedestrian dengan cor beton conrcete stamp.

Aries bilang, selain tahan lama juga tahan terhadap cuaca. “Tentu lebih mudah perawatannya, dibuat kokoh. Namun bukan untuk parkir kendaraan,” terangnya.

Di bawah pedestrian ada saluran drainase dan box utilitas. Kelengkapan yang ada di antaranya diberikan tanda batas antara pedestrian dan jalan raya dengan tiang hitam dengan garis kuning bollard), kursi dan tempat sampah.

Pedestrian kawasan jalan rawa buntu, memang dibuat lebar karena ada 3 fungsi. “Yaitu fungsi disabilitas dengan yellow gate, fungsi pejalan kaki dan fungsi pengguna sepeda,” tegas Aries.

Ia mengaku, ke depan akan ada sarana transportasi LRT/MRT yang akan melintas di atas Jalan Rawa Buntu. Tentu harus dapat merubah kebiasaan masyarakat dengan berjalan kaki menuju masyarakat Tangsel yang sehat.

“Jadi jembali lagi ke kesadaran masyarakat pengguna kendaraan untuk tidak parkir di pedestrian,” tambahnya. (adv)

Komentar Anda

comments