Berlangsung 7 Hari, 284 Karya Film Ramaikan UCIFEST – UMN Animation and Film Festival ke-12

Palapanews.com ā€“ Mahasiswa prodi film UMN menggelar UCIFEST 12. Namun, karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 event tahunan ini, berlangsung secara daring dan resmi dibuka, Senin (5/4/2021).

UCIFEST – UMN Animation & Film Festival adalah sebuah festival film pendek yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN). UCIFEST pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 dan tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-12.

Menurut Festival Director Sukhadharmi Padmalauwaty, melalui UCIFEST 12 tergambar bagaimana pandemi ini dapat menjadi momen bagi setiap orang untuk membuka peluang baru dalam berkarya, serta sebagai kekuatan untuk merangkul cakupan yang lebih luas.

ā€œNamun, keterbatasan ini tentu tidak membuat UCIFEST 12 berhenti menjadi wadah apresiasi karya dari para pelajar dan mahasiswa di Indonesia,ā€ tegasnya.

UCIFEST 12 berperan sebagai wadah bagi para pembuat, penggiat, dan pecinta film pendek, khususnya pada kalangan mahasiswa dan pelajar SMA/SMK se-Indonesia, untuk membangun budaya menonton film pendek.

UCIFEST 12 dilaksanakan secara online mulai Senin, 05 April sampai dengan Senin, 12 April 2021, mulai pukul 16:30 WIB hingga 18:00 WIB (05-08 April 2021) dan pukul 14:00 WIB hingga 18:00 WIB (09-12 April 2021). Melalui akun YouTube UCIFEST – UMN Animation and Film Festival dengan melakukan registrasi melalui Loket.com (bit.ly/EventUCIFEST12).

Baca juga :Ā DQLab UMN Gelar Kompetisi Data Terbesar Pertama ā€œDQLab Data Championā€

Kompetisi Film Pendek UCIFEST 12 menerima 284 karya film, animasi, dan dokumenter dari 14 Provinsi, 35 kota, 47 universitas, dan 49 SMA/SMK. Panitia menyeleksi 23 karya kompetisi dan 34 karya film non-kompetisi selama festival berlangsung.Ā Dalam rangka merayakan Hari Film Nasional, UCIFEST 12 juga memamerkan poster film yang diputar sejak 30 Maret hingga 12 April 2021 pada link https://www.artsteps.com/view/60425ca19e1b0f30b8f8da6b.

Agenda UCIFEST 12

Pembukaan UCIFEST 12 diwarnai dengan pemutaran 11 film karya terbaik mahasiswa UMN. Untuk dapat menonton pemutaran Film Kompetisi yang terbagi ke dalam 4 program dan program Non-Kompetisi Official Selection UCIFEST 12, penonton yang telah melakukan registrasi dapat menonton melalui YouTube dalam bentuk unlisted selama 1 minggu dari tanggal 05 April – 12 April 2021.

Pada hari kedua terdapat diskusi program kompetisi ā€œKematian Dunia, Kehidupan Manusiaā€ dan program ā€œSeminar Visual Effect Film Indonesiaā€ bersama Gaga Nugraha. Hari ketiga terdapat program Pitching Forum secara online bekerja sama dengan Europe On Screen, dilanjutkan dengan Directorā€™s One on One bersama Hanung Bramantyo dan Robby Ertanto yang membagi pengalaman mereka selama berada di dunia perfilman Indonesia.

Pada hari keempat juga terdapat pemutaran dua program dokumenter, Constellation: Festival Film Dokumenter dan Feature Rotation, berupa pemutaran dan diskusi film Nominator Film Panjang Dokumenter Terbaik FFI 2020 ā€œBetween The Devil and The Deep Blue Seaā€ bersama Dwi Sujanti Nugraheni. Memasuki hari kelima terdapat dua diskusi program film kompetisi bersama pembuat

filmnya ā€œMimpi dan Anganā€ dan Official Selection UCIFEST 12. Diskusi program kompetisi selanjutnya pada hari keenam ā€œTerbentur Untuk Terbentukā€ dilanjutkan dengan pemutaran danĀ diskusi untuk program Constellation: Galaxy (VFX dan FMT UMN). Pada hari ketujuh terdapat diskusi program kompetisi ā€œTangan Kanan, Tangan Kiriā€ dan pemutaran program Constellation:

Jupiter. Pada hari terakhir UCIFEST 12, terdapat Acara Penutupan dan Pengumuman Pemenang kategori Fiksi Pelajar, Animasi Pelajar, Fiksi Mahasiswa, Animasi Mahasiswa, Dokumenter Mahasiswa Film Kompetisi UCIFEST 12, Pitching Forum Mahasiswa, Film Favorit Penonton UCIFEST 12, dan Poster Favorit Pengunjung Pameran Poster Film UCIFEST 12. (bd)

Komentar Anda

comments