RSUD Serpong Utara Diresmikan, Airin: Fokus untuk Pelayanan Covid

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serpong Utara, Selasa (23/3). Rumah Sakit tipe C ini akan segera beroperasi mulai 30 Maret 2021 dan rencananya hanya fokus menangani Covid-19.

“Pelayanan di Rumah Sakit ini difokuskan untuk pelayanan Covid-19. Dengan peresmian RSUD Serpong Utara, diharapkan akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga kita mampu menekan jumlah penyebaran wabah Covid-19 di Kota Tangsel,” kata Airin dalam keterangan yang diterima.

Sebagaimana sejak awal berdiri, rumah sakit ini ditujukan untuk menjadi rumah sakit transit pasien Covid-19 yang berasal dari berbagai Puskesmas di Kota Tangerang Selatan.

Dengan adanya fasilitas RSUD Serpong Utara ini, Kota Tangsel memiliki total 31 rumah sakit. Di antaranya 28 rumah sakit milik swasta, 3 rumah sakit milik pemerintah yaitu RSU Kota Tangerang Selatan, RSUD Serpong Utara dan RSUD Pondok Aren.

Airin menjelaskan, RSU ini telah memiliki izin legal yang terbit pada 5 Januari 2021. Sementara izin operasinya sendiri sudah dikeluarkan oleh DPMPTSP pada tanggal 23 Februari lalu.

Dia menambahkan, di dalam rumah sakit ini sudah disiapkan beberapa fasilitas. Untuk lantai 1 pelayanan IGD, pelayanan Gizi, hingga Pemulasaran Jenazah. Lantai dua, untuk pendaftaran atau registrasi, poliklinik, laboratorium, radiologi hingga farmasi.

Selain itu, di lantai tiga tersedia fasilitas ruang operasi, ICU, HCU dan NICU, yang mana bagi pasien yang memang harus menjalani rawat inap bisa menggunakan fasilitas kamar perawatan di lantai empat dan lima. Ruang perawatan ini mampu menampung hingga 100 tempat tidur.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Vitamin untuk Pasien Covid-19

“Di lantai empat, itu ruang perawatan sekaligus ruang manajemen. Pemkot melengkapi dengan SDM dengan rincian tenaga medis umum mencapai tujuh orang dan paramedis sampai dengan 35 orang,” tandasnya. (red)

Komentar Anda

comments