Total 287 Pegawai Dishub Kabupaten Serang Divaksin Tahap I

Palapanews.com – Sebanyak 287 orang pegawai terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang mengikuti Vaksinasi tahap pertama, Rabu (17/3/2021).

“Untuk saat ini dikhususkan kepada pelayan publik, jadi semua OPD (organisasi perangkat daerah) kami minta data pegawai, terus kami lakukan skrining dimasukan ke pusdatin (pusat data informasi). Hari ini kita jadwalkan untuk pegawai Dishub dengan target 287 orang,” terang Nurnaningsih Yahya, Koordinator Vaksinasi Tim I, 2, dan 3 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang.

Dengan menyiapkan sebanyak tiga tim vaksinasi, ada empat tahapan yang harus dilalui bagi para pegawai sebelum disuntik vaksin. Meja pertama untuk pendaftaran, meja kedua registrasi dan penginputan data dimasukan ke meja skrining.

“Di situ ada dokter untuk melakukan tensi tekanan darah serta di skrining, dokter nanti yang menentukan boleh atau tidak orang tersebut untuk di suntik vaksin,” jelasnya.

Setelah dokter merekomendasikan dengan memberikan surat layak di vaksin, maka orang tersebut masuk ke meja ke tiga untuk dilakukan suntik vaksin.

Baca juga : Nikmati Kelezatan Hidangan Khas Bali di Pulau Reklamasi

“Setelah disuntik vaksin selanjutnya ke meja empat menunggu selama 30 menit apakah ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), kalau tidak ada boleh kita berikan sertifikat vaksinasi,”tambah Nurnaningsih.

Nurnaningsih memastikan, hingga selesai penyuntikan vaksin kepada ratusan pegawai Dishub Kabupaten Serang tidak ditemukan ada yang mengalami KIPI. Namun, ada beberapa pegawai yang batal di suntik vaksin. Penyebabnya diantaranya karena tekanan darahnya tingg, ada juga penyintas atau yang sudah terpapar covid-19 belum bisa divaksin.

“Batasannya harus sudah tiga bulan. Kurang dari tiga bulan juga bisa, asalkan memang betul-betul sudah negatif, sehat dan tidak ada gejala apapun,” beber Nurnaningsih.

Selain pegawai Dishub vaksinasi juga dilaksanakan di DPRD Kabupaten Serang tahap kedua. Sedangkan tim liannya melaksanakann vaksinasi di Inspektorat tahap pertama.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi mengatakan, bahwa untuk vaksinasi semua OPD sudah terjadwalkan. Saat ini pelaksanaan vaksin harus sesuai data masing-masing OPD yang sudah di upload ke pusdatin oleh masing-masing OPD. (rls/bd)

Komentar Anda

comments