Dompet Dhuafa Buka Layanan Kesehatan dan Dapur Keliling di Total Persada

Palapanews.com- Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) membuka pelayanan kesehatan di lokasi penyintas banjir di Perumahan Total Persada Raya, Kelurahan Gembor, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Minggu (21/2/2020) malam. Bekerja sama dengan puskesmas setempat, untuk membuka layanan kesehatan yang berlokasi di kantor Sekretariat RW. 08 Perumahan Total Persada Raya.

Bersamaan dengan Tim SAR DMC (Disaster Management Center) DD, tim kesehatan melayani satu-persatu warga yang datang. Sebagian besar warga yang terdampak banjir, mengalami penyakit kulit seperti kutu air dan penyakit ringan lainnya. Saat ini tim kesehatan sudah melayani kurang lebih 25 pasien.

“Tadi sempet pusing-pusing. Alhamdulillah tadi sudah dicek sama tim medis,” terang Anto salah satu warga terdampak banjir yang telah merasakan adanya pelayanan kesehatan gratis di Perumahan Total Persada Raya.

Ya’mar selaku tim kesehatan LKC Dompet Dhuafa yang sedang bertugas. Melayani setiap pasien yang hadir sambil memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita. “InsyaAllah tim medis besok akan tambah personil,” jelas Ya’mar dalam keterangannya.

Di lokasi yang sama Dompet Dhuafa menerjunkan Dapur Keliling untuk menyiapkan pos hangat. Saat ini (Minggu, 21/2) tim SAR DMC DD sudah melakukan evakuasi, layanan kesehatan dan Pos Hangat. Warga yang terdampak telah dievakuasi mencapai kurang lebih 60 penyintas, sementara layanan kesehatan mencapai 25 penerima manfaat dan 200 gelas aneka minuman hangat.

“Rencananya besok akan membuka Dapur Umum bersama warga penyintas,” Badie Uzzaman selaku tim Dapur Keliling Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa.

Berdasarkan pantauan tim di lapangan, saat ini ada dua posko pengungsian yakni Masjid Al-Mujahid dan GOR di Perumahan Total Persada Raya. Posko pengungsian Al-Mujahidin saat ini menjadi titik konsentrasi respon DMC Dompet Dhuafa.

Sampai Minggu ini (21/2/2020) Tim SAR DMC DD bersama relawan gabungan telah mengevakuasi 60 warga yang terdampak banjir di Perumahan Total Persada Raya, Kelurahan Gembong, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Banten. Menurut Erwandi Saputra, Penanggung Jawab Tim SAR DMC DD, mengatakan bahwa tim masih melakukan evakuasi sampai hari ini. Mengingat sebagian warga masih memutuskan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing. Dengan memanfaatkan hunian lantai dua mereka. (red)

Komentar Anda

comments