Menkominfo Kunjungi Uji Coba Satu Data Vaksinasi di Tangsel

Palapanews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan PT Telkom Indonesia melakukan uji coba Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. Selain mengintegrasikan aplikasi dan database, Satu Data Vaksinasi Covid-19 juga dilengkapi mekanisme verifikasi dan keamanan data pribadi.

“Sistem Informasi ini dibuat karena pemerintah percaya bahwa keamanan dan keefektifan vaksin juga vaksinasi perlu didukung oleh sistem manajemen vaksinasi yang aman dan komprehensif, serta prosedur yang efisien,” ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat Uji Coba Satu Data Vaksinasi di Puskesmas Jurangmangu, Pondok Aren, Tangsel, Selasa (12/01/2021).

Menurut Johnny, uji coba ini ditujukan untuk memantau kesiapan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 dan sistem informasi ini telah siap digunakan untuk program vaksinasi Covid-19.

“Hari ini yang disaksikan, bahwa prosedur vaksinasi dalam 7 tahap dan melewati 4 desk. Puskesmas dilengkapi dengan fasilitas akses internet dengan bandwith yang cukup agar proses vaksinasi dapat dilakukan dengan baik. Pendataan dalam rangka satu data Vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan dengan baik dan benar. Proses ini harus dilakukan mengingat vaksinasi dilakukan dalam dua dosis. Kali ini dosis pertama dan dalam jangka waktu dua minggu atau 14 hari akan dilakukan vaksinasi yang kedua,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan proses vaksinasi sudah siap dan akan dilaksanakan bertahap dimulai dari tenaga medis dan tenaga pendukung.

“Setelah siap untuk melakukan vaksinasi, sistem teknologi informasi dan digital juga telah siap dalam rangka mendukung vaksinasi,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menjelaskan, Tangsel memiliki 1.0461 orang tenaga medis dengan 67 fasilitas kesehatan.

“Ini baru tahap yang pertama yang tentu 14 hari kemudian untuk penyuntikan di tahap berikutnya. Setelah petugas medis baru vaksinasi untuk yang lain dan ke masyarakat. Juga fokus utama untuk vaksin sekarang ini di wilayah Tangsel,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments