Eka Hospital Gelar Kampanye Buram Ajak Milenial Peduli Kesehatan Mata

Palapanews.com- Mata merupakan salah satu indera yang paling penting dan menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Melakukan pengecekan ke dokter mata secara berkala pun sangat dianjurkan. Terlebih katarak, merupakan penyakit mata yang banyak dialami masyarakat di Indonesia.

Oleh sebab itu, dalam Memperingati Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada Kamis (8/10/2020), Eka Hospital Melakukan Kampanye Buram Pada konten Instagram-nya. World Sight Day juga dikenal sebagai hari kepedulian internasional terhadap isu-isu global yang berkaitan dengan masalah kebutaan dan gangguan penglihatan yang diderita oleh penduduk dunia.

Menurut Head Marketing Corporate & Public Relation Eka Hospital, Erwin Suyanto, beberapa waktu lalu, media sosial Eka Hospital diramaikan oleh pertanyaan warga net tentang beragam materi yang terlihat buram ataupun kabur. Bukan tanpa tujuan, Eka Hospital sengaja melakukan kampanye ini agar kaum muda khususnya, merasakan gangguan penglihatan yang seringnya dialami oleh para orang tuanya.

“Katarak ini menjadi penyakit mata yang paling umum bagi orang tua. Tapi, seringnya orang tua merasa acuh, menganggap sepele, bahkan takut untuk melakukan operasi. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum muda untuk lebih peduli akan kesehatan mata para orang tua-nya,” jelasnya.

Salah satunya, dengan melakukan pengecekan mata secara berkala dan sedini mungkin agar terdeteksi dari penyakit katarak.

Diketahui, gejala umum dari penyakit ini yaitu penglihatan yang buram, kurang fokus saat melihat objek di kejauhan, penglihatan ganda saat melihat objek, melihat warna menjadi pudar, serta sensitif terhadap sinar atau cahaya.

“Sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Usia rata-rata terjadinya katarak umumnya pada usia 50 tahun ke atas. Namun, katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda,” lanjutnya.

Bagaimana mendeteksi dan mengatasi katarak? Katarak terjadi secara perlahan sehinga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. Dengan pemeriksaan menyeluruh, dokter spesialis mata dapat mendeteksi katarak atau penyebab lain kekeruhan pada lensa dan gangguan pada mata.

Katarak hanya dapat diatasi melalui prosedur operasi, akan tetapi jika gejala katarak tidak mengganggu, tindakan operasi tidak diperlukan, cukup dengan mengganti kacamata. (nad)

Komentar Anda

comments