‘A Better World Prize Festival’ Ajak 20.000 Anak Muda Seluruh Indonesia Aksi Sosial

Palapanews.com – Campaign.com melalui Yayasan Dunia Lebih Baik menginisiasi A Better World Prize Festival, sebuah inisiatif untuk meningkatkan dampak sosial komunitas di tengah masa tatanan baru.

Festival ini, mempertemukan 40 komunitas akar rumput yang merupakan representatif dari empat isu sosial: Pendidikan, Kesehatan, Kesetaraan, dan Lingkungan untuk mendapatkan pelatihan dan membuat program edukasi bagi masyarakat. Berlangsung dari tanggal 23 Agustus hingga 16 Oktober 2020, masyarakat khususnya anak muda diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai tantangan aksi sosial melalui aplikasi Campaign #ForChange.

Memasuki masa tatanan baru di tengah pandemi COVID-19, beberapa isu sosial mulai kehilangan perhatian oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Misalnya, kampanye untuk lebih memperhatikan kesehatan mental, serta usaha pengentasan masalah kekerasan dalam rumah tangga.

A Better World Prize Festival hadir untuk untuk mengembalikan semangat anak muda memperjuangkan isu-isu tersebut. Festival ini disambut dengan antusiasme dari 288 komunitas sosial dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri. Kini, terdapat 40
komunitas terpilih yang akan menjalankan 40 program edukasi sosial sesuai dengan fokus masing-masing.

Campaign.com bersama dengan 40 komunitas terpilih mengajak anak muda Indonesia menjadi #Changemakers, yakni ambil bagian untuk mendukung aksi sosial dengan menyelesaikan tantangan dalam aplikasi Campaign #ForChange. Konsep social tracker dalam aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memantau seberapa besar mereka telah membantu menciptakan keadaaan dunia yang lebih baik.

Setiap berhasil menyelesaikan satu tantangan, #Changemakers tidak hanya mendukung aksi sosial mengenai isu terkait, tetapi juga setara dengan memberikan donasi sebesar Rp 10.000,- kepada k omunitas yang bersangkutan. Kini, anak muda dapat secara langsung berkontribusi untuk perubahan sosial ke arah yang lebih baik dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Mengacu dari empat isu sosial utama, 40 program edukasi yang diluncurkan memiliki pendekatan dan bentuk aksi yang beragam. Misalnya, pembinaan masyarakat narapidana untuk mengembangkan soft skill yang mewakili isu kesetaraan, serta program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memberikan ruang aman dan mendukung penyintas isu kekerasan oleh pasangan.

Tak hanya itu, terdapat juga gagasan mendaur ulang ampas kopi menjadi produk komersial, sehingga komoditas ini memiliki manfaat lebih dan dapat membantu kelompok rentan ekonomi. Isu mengenai kesehatan mental juga tak luput diusung oleh komunitas dalam festival ini. Salah satunya dalam program untuk meningkatkan kesadaran remaja agar peduli dengan kesehatan mental sejak dini.

William Gondokusumo selaku Chief Executive Officer (CEO) Campaign.com memaparkan, “Melalui A Better World Prize Festival, Campaign.com berusaha menciptakan kolaborasi
antara 40 komunitas sosial dengan anak muda sebagai #Changemakers untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan sosial sesuai dengan fokus isu masing-masing.”

“Inisiatif ini juga merupakan usaha kami mendukung komunitas dengan mengembangkan kapasitas mereka melalui berbagai pelatihan. Selain itu, memberikan fasilitas seperti platform
webinar yang dapat mengakomodir hingga 100 orang, serta publikasi di media sosial Campaign.com,” terang William.

“Mereka juga berkesempatan mendapatkan dana apresiasi sebesar Rp 50.000.000. Kami berharap komunitas ini dapat menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih inklusif dalam usaha mengentaskan beragam masalah sosial yang tidak kalah pentingnya,” tambahnya.

Sebelumnya, tim Campaign.com telah mengamati kegiatan komunitas secara terpisah di saat pandemi COVID-19 terjadi. Setelah melakukan survey kepada 72 komunitas sosial dari 15
provinsi di Indonesia, 90,28% dari mereka merasakan kendala selama masa pandemi dan 94,44% mengharapkan adanya dukungan.

Tiga aspek dukungan yang paling diharapkan yakni pelatihan (61,11%), pendanaan (59,72%), dan pendampingan intensif (55,56%). Melalui festival ini, Campaign.com berusaha mendukung komunitas yang konsisten menciptakan dampak sosial dan berusaha mendapatkan dukungan lebih banyak lagi.

Hal ini juga merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem yang secara kolektif dapat membuat keadaan dunia menjadi lebih baik. Rangkaian kegiatan pun dilakukan secara daring untuk dapat menjangkau lebih banyak komunitas sosial di Indonesia dan sebagai langkah beradaptasi di tengah tatanan baru. Informasi lebih lanjut dapat mengakses www.campaign.com/ABetterWorldPrize, Instagram @campaign_id. (rls/bd)

Komentar Anda

comments