Kerjasama XL AXIATA – ASKOMPSI Peduli Pendidikan Bagikan Paket Data Internet Gratis

Palapanews.com – PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi.

Dukungan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata dan ASKOMPSI mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid-19. Penyerahan dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia, seremoni dilakukan di SMA Negeri 1 Pemali, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (1/9/2020).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Babel Drs. H. Abdul Fatah, M.Si,  Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dan Head of Sales XL Axiata area Greater Palembang – Babel Budi Utama Lubis. Digelar juga virtual conference dengan sejumlah Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan beberapa Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, serta pengurus ASKOMPSI.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan,”XL Axiata senantiasa berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar.”

“Selain itu, kerja sama XL Axiata dan ASKOMPSI merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengejak secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung,” tambah Desy.

Menurut Desy proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area.

Baca Juga: Permudah PJJ di Pedesaan, XL Axiata Beri Akses Internet Gratis

Program kerja sama XL Axiata – ASKOMPSI ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

Melalui kerjasama XL Axiata – ASKOMPSI ini, akan disalurkan donasi berupa kuota data gratis ke total lebih dari 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA di lebih dari 1000 sekolah yang berada di 28 provinsi. Data pelajar dan sekolah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan dengan dua skema. Pertama, sebanyak 450 paket diberikan untuk pelajar kurang mampu, yang bisa dipakai untuk mengakses internet selama empat bulan. Kedua, sebanyak 260.000 paket berupa akses internet gratis selama dua bulan. Paket kuota data gratis ini sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020.

Mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/. (rls/bd)

Komentar Anda

comments