Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kesehatan

Palapanews.com- Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara, dipercaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa karena keduanya melewati proses ekstraksi yang berbeda. Virgin coconut oil diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman sehingga tidak mengubah sifat alami minyak. Dan ternyata, manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan sangat menakjubkan.

Apa saja manfaat virgin coconut oil?

1. Mempertajam fungsi kognitif otak

Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari virgin coconut oil adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya.

MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati dibanding jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme lebih cepat. Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori, seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

Selain itu, senyawa fenolik yang unik dan hormon yang ditemukan dalam minyak kelapa dara mungkin dapat mencegah agregasi peptida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka tentang penyebab Alzheimer.

2. Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Hampir 50 persen dari asam lemak dalam virgin coconut oil adalah asam laurat. Ketika asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Lebih spesifiknya, kedua zat dalam minyak kelapa ini terbukti mampu membunuh bakteri Staphylococcus Aureus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, penyebab umum dari berbagai infeksi jamur. Asam laurat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat virgin coconut oil yang juga sudah terbukti adalah mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

3. Mengurangi frekuensi kejang anak

Kandungan MCT dalam virgin coconut oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton yang dikirim ke otak sebagai sumber energi utama. Jika minyak kelapa dara dikonsumsi rutin berbarengan dengan diet rendah karbohidrat, pada gilirannya ini akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi — bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat-obatan.

4. Melancarkan pencernaan

Virgin coconut oil berperan besar untuk membantu Anda memiliki sistem pencernaan yang lebih baik dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa MCT dalam kandungan minyak kelapa dara benar-benar bisa mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

5. Membantu menurunkan berat badan

Selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Dengan kata lain, tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Selain itu, minyak kelapa dara tampak sangat efektif mengurangi lemak perut, yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Metode seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara membantu meningkatkan metabolisme Anda. Satu studi menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu, manfaat virgin coconut oil juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Hellosehat

Komentar Anda

comments