Bocah 14 Tahun jadi Otak Pembegalan di Bandara Soetta

Palapanews.com- Empat pelaku pembegalan di Jalan Perimeter Utara, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, diringkus Tim Garuda Satreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Satu dari empat pelaku tersebut masih berusia 14 tahun dan menjadi otak dari kejadian tersebut.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Adi Ferdian Saputra mengatakan, keempat pelaku itu masing-masing berinisial AS, 14, M, 19, R, 20, dan D, 20, melancarkan aksinya, Rabu 1 Juli 2020, pukul 02.15 WIB.

Pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan dari korban atas nama Muhammad Yusuf yang melintas di lokasi kejadian dan diadang oleh enam orang yang mengendarai tiga kendaraan bermotor berboncengan dari arah berlawanan.

“Mereka langsung mengeluarkan senjata tajam berupa celurit dan parang mengancam untuk menyerahkan kendaraan milik korban,” ujarnya, Senin, 27 Juli 2020.

Adi menuturkan, korban yang dalam keadaan terancam langsung menyerahkan kendaraannya kepada pelaku yang berjumlah enam orang tersebut.

Atas kejadian ini Yusuf mengalami kerugian sebesar Rp7 juta lantaran motornya dan barang berharganya dirampas pelaku.

“Tersangka AS menjual sepeda motor hasil pembegalan tersebut kepada R (DPO) dengan sistem COD (Cash On Delivery) di Mall Puri Cengkareng, Jakarta Barat dengan harga Rp1 juta,” katanya.

Sementara itu, dua pelaku lainnya serta seorang penadah hasil kejahatan begal tersebut masih dalam pengejaran Tim Garuda Satreskrim Polresta Bandara Soetta.

“Yang menjadi otak dari aksi pembegalan ini adalah AS yang masih berumur 14 tahun. AS ini yang mengajak rekannya untuk menjalankan aksi ini, dan rekan-rekannya pun terpancing untuk melakukan begal,” jelasnya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya, satu buah cerulit dan sebilah pedang serta 3 unit sepeda motor berbagai merek.

Keempat tersangka dijerat dengan Pasal 365 ayat 2 KUHP Tindak Pidana Pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun.(dri)

Komentar Anda

comments