UMN Gandeng UiTM Teken Mou, Ini 4 Point Kerjasama

Palapanews.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) kerja sama secara daring, Kamis (2/7/2020).

Penandatanganan MoU berlangsung via Zoom dipandu oleh Boby Arinto dari Global Relations and Coorperations Office, disaksikan oleh jajaran rektorat, dekan, dan staf, baik dari UMN maupun UiTM.

“Sehubungan dengan itu (penandatanganan MoU), UMN adalah rekan kongsi yang tepat bagi UiTM bekerjesame karena UMN mempunyai quality menumbuhkan pendidikan dan pentauliahan (akreditasi baik) universiti dari kerajaan (pemerintah) di Indonesia,” ungkap Haji Mohamad Kamal Haji Harun selaku Deputy Vice-Chancellor (Academic and International) UiTM.

“Dan juge sokongan dari kumpulan syarikat terkemuke di Indonesia, yaitu Kompas Gramedia yang mempunyai rangkaian penegakan (jaringan) media television, berita dalam talian (daring), radio, surat kabar dan majalah peninggalan, hotel, hingga pendidikan,” jelasnya.

Rektor UMN Ninok Leksono pun turut menyambut baik kerjasama antara UMN dan UiTM ini. Ia berharap MoU ini dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Adapun ia mengatakan misalnya dengan membuat program-program yang bermutu, konstruktif, dan menguntungkan.

“Ini mengingatkan kita pada apa yang disampaikan oleh Presiden (ke-4) Indonesia Abdurrahman Wahid, yaitu ‘satu musuh kebanyakan, seribu teman masih kurang’. Nah, kita mungkin sudah punya seribu teman, tapi ingin punya teman baru lagi. Sore ini kita mendapatkan teman baru, yaitu Universiti Teknologi Mara dari Malaysia,” ujar Ninok saat menyambut UiTM.

“Semoge dengan penegakinye (diberlakukannya) memorandum kesefahaman ini, kite akan membuke lebih banyak peluang kerjesame kepade pelajar-pelajar dan juge pencara-pencara (dosen) dalam perwujudan pade mase kini, seterusnye mase akan datang,” harap Kamal.

Senada dengan itu, Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerja Sama UMN, Muliawati G. Siswanto mengatakan mahasiswa UMN dapat melakukan studi pendek (magang) dan studi selanjutan di UiTM dan sebaliknya. Selain itu, ia turut mengajak adanya pengadaan seminar atau webinar yang dikolaborasikan oleh UMN dan UiTM.

“Demikian juga karena UMN itu dibawah payung dari Kompas Gramedia, kita juga bisa ‘selamat datang’ (terbuka) pada mahasiswa UiTM untuk magang di perusahaan-perusahaan Kompas Gramedia. Demikian juga, kami harapkan nanti dosen-dosen kita (UMN) yang muda dan sangat berbakat ini bisa melanjutkan untuk mengambil doktor di UiTM,” lanjut Muliawati.

Melalui MoU ini, Deputy Vice-Chancellor (Academic and International) UiTM, Haji Mohamad Kamal Haji Harun menekankan beberapa kerja sama antara lain: (1) menjalankan progam pertukaran staf untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, (2) menerima pertukaran pelajar, baik graduate maupun post-graduate, (3) melakukan penelitian terpadu antara beberapa fakultas, dan (4) menjalankan kerja sama di bidang lainnya seperti inovasi dan kegiatan jangka panjang. (bd)

Komentar Anda

comments