Setiap Hari Minum Kopi Instan, Ini Dampaknya untuk Kesehatan

Palapanews.com- Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang. Menikmati secangkir kopi setidaknya satu hari sekali, mungkin juga sudah menjadi suatu keharusan. Hal ini yang terkadang membuat Anda memilih kopi instan jika sedang ingin minum kopi secara praktis. Meski memiliki cita rasa dan proses pembuatan yang berbeda, kopi apapun dampaknya sama. Namun, apakah terdapat efek minum kopi instan setiap hari yang bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu?

Efek minum kopi instan setiap hari bagi kesehatan

Kopi instan cukup umum ditemukan dan dikonsumsi masyarakat. Jenisnya pun berbagai macam. Apabila Anda merupakan salah satu orang yang rutin minum kopi instan, selalu perhatikan kandungan dan informasi gizi yang tertera pada kemasan.

Kandungan kopi yang paling dikenal adalah kafein. Di sisi lain, kandungan dari kopi instan yang cukup menarik perhatian karena berpotensi merugikan masalah kesehatan adalah acrylamide.

Acrylamide merupakan senyawa kimia yang terbentuk dari proses pemanggangan biji kopi dan juga dapat ditemukan pada asap, peralatan rumah tangga, produk perawatan diri, dan makanan.

Kopi instan memiliki kandungan acrylamide yang tinggi. Menurut penelitian yang diterbitkan di Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny, kandungan acrylamide dalam kopi instan dua kali lebih banyak dibandingkan kopi pada umumnya.

Apa itu acrylamide?

Penelitian menunjukkan bahwa acrylamide didefinisikan sebagai kontaminasi makanan yang dapat menumpuk di dalam tubuh dan berisiko menyebabkan neuropati atau hilangnya fungsi sistem saraf tepi. Terlalu banyak mengonsumsi senyawa kimia ini juga dapat meningkatkan risiko kanker, menurut American Cancer Society.

Namun, jumlah acrylamide yang terdapat pada kopi instan dan meski ditambah dari makanan untungnya belum mencapai angka yang dapat membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi kopi instan seharusnya tidak akan meningkatkan risiko penyakit akibat acrylamide asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Hindari minum kopi instan dengan gula dan rasa tambahan

Jika Anda sering minum kopi instan, sebaiknya pilih kopi yang tanpa tambahan gula, lemak, dan bahan kimia lain, contohnya seperti kopi 3 in 1. Selain buruk bagi kesehatan, gula yang terdapat didalamnya juga akan menyebabkan berat badan Anda bertambah.

Untuk itu, penting untuk selalu membaca informasi gizi yang tertera pada kemasan. Pemilihan produk dapat menentukan apa saja efek minum kopi instan setiap hari pada kesehatan Anda.

Tak cuma kopi instan, terlalu sering minum kopi dapat berbahaya

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki beberapa jenis. Sebagian besar dapat memberikan manfaat seperti menambah mood dan metabolisme apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Sebaliknya, dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan beberapa efek samping yang cukup berbahaya.

Beberapa efek samping dari kelebihan kafein adalah:

  • Meningkatkan kecemasan
  • Insomnia
  • Gangguan pencernaan
  • Ketagihan
  • Tekanan darah tinggi
  • Meningkatnya detak jantung
  • Rasa lelah

Mengonsumsi kopi, entah itu kopi instan atau bukan dapat memberikan manfaat kesehatan apabila dalam jumlah sedikit hingga sedang. Di sisi lain, kelebihan asupan kafein dapat menyebabkan efek samping yang mengganggu kesehatan dan bahkan menyebabkan masalah yang serius.

Kopi instan merupakan solusi dan cara yang cepat, mudah, dan praktis saat ingin menikmati secangkir kopi serta relatif lebih murah. Namun, kopi instan mengandung acrylamide yang mungkin memberikan efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Tak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi kopi juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan akibat dampak dari  dosis kafein yang tinggi. Oleh karena itu, selalu jaga asupan kopi setiap hari, entah itu kopi instan maupun jenis kopi lainnya.

Hellosehat

Komentar Anda

comments