Yang Akan Terjadi Pada Tubuh saat Menahan Kentut

Palapanews.com- Kentut merupakan hal yang alami untuk terjadi. Namun, terkadang budaya yang ada di masyarakat membuat kita tidak enak untuk mengeluarkan kentut sembarangan, karena adanya anggapan tidak sopan. Ketika kentut mengeluarkan bunyi atau bau, kita pun menjadi malu karena hal tersebut. Inilah sebabnya menahan kentut mungkin jadi salah satu hal yang rutin Anda lakukan, bahkan mungkin setiap hari. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa efeknya pada tubuh jika kita sering menahan kentut?

Bagaimana bisa terjadi kentut?

Kentut berasal dari gas. Ketika tubuh Anda mencoba untuk membuang penumpukan gas, tubuh akan mengeluarkan dengan dua cara. Pertama, gas akan keluar melalui sendawa. Kedua, gas akan keluar dengan cara kentut yang keluar melalui anus. Sendawa berasal dari kebanyakan menelan udara. Ketika kita sedang berbicara atau mengunyah permen karet, menelan udara berlebihan memang tidak dapat dihindari. Ada juga beberapa makanan yang dapat menyebabkan gas berlebihan. Makanan tersebut harus difermentasi sehingga menimbulkan asam dan gas.

Gas yang berlebihan terjadi ketika terperangkap di usus, sehingga menyebabkan perut kembung. Pelepasan gas pada perut dikaitkan dengan jumlah gas pada usus, dan bergantung pada aktivitas motorik usus. Berikut ini beberapa alasan gas berlebihan terperangkap di dalam tubuh:

  • Menelan udara: proses ini dipicu oleh perubahan otot yang mengontrol asupan udara. Anda mungkin memakan terlalu cepat dan tidak mengunyah makanan dengan sempurna, sehingga makanan sulit untuk dicerna.
  • Akumulasi gas yang berbau: kentut yang berbau disebabkan bakteri usus besar yang memproduksi gas selama fermentasi sisa makanan yang tidak diserap.
  • Perubahan bakteri: gas juga bergantung pada komposisi bakteri yang tinggal di dalam sistem pencernaan. Setiap orang memiliki komposisi bakteri yang berbeda-beda.
  • Sembelit: kondisi ini terjadi karena perpanjangan proses fermentasi makanan dalam sistem pencernaan, yang meningkatkan produksi gas di dalam tubuh.

Menahan kentut, sehat atau tidak?

Buang angin sembarangan memang dianggap tidak sopan kalau baunya mengganggu orang lain. Sedangkan, ketika kentut tidak berbau, hanya berbunyi dan diketahui orang-orang, sering kali hal ini hanya akan membuat kita malu. Namun, menahan kentut dapat menyebabkan panas perut, kembung, dan gangguan pencernaan. Tekanan usus dapat menyebabkan gas terperangkap, serta memiliki kemungkinan meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah.

Menahan gas mungkin tidak berbahaya untuk Anda, namun Anda akan merasa begah dan tidak enak. Menurut Lisa Ganjhu, seorang dokter dari osteopati dan asisten dosen klinis kedokteran dan gastroenterologi di NYU Langone Medical Center New York City, yang dikutip oleh situs Women’s Health, segala sesuatu yang mempengaruhi aliran di bawah dapat mempengaruhi aliran di atasnya. Dalam kasus ini, aliran tersebut adalah sistem pencernaan. Ketika menahannya, penumpukan udara pun bertambah di saluran pencernaan, sehingga udara terdorong ke atas, yang menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan pada perut.

Selain itu, menahan kentut memang tidak akan melukai Anda secara langsung, namun usus akan menggelembung seperti balon karena penyumbatan gas tersebut. Jika dinding usus memiliki kelemahan, akhirnya bisa meledak. Ketika hal tersebut sampai terjadi, kantong-kantong pun terbentuk, dikenal juga dengan sebutan divertikula. Fatalnya, kalau kantung-kantung tersebut terinfeksi, hal ini akan menyebabkan kondisi yang mengancam nyawa dan rasa nyeri.

Kasus ini jarang terjadi, kemungkinan untuk terjadi dapat dialami oleh pasien dengan penyakit serius. Namun, ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa kasus divertikulitis sering ditemui pada usia lanjut dan sudah menjadi kasus yang umum.

Apa yang harus dilakukan ketika ingin buang angin?

Tentu saja, jangan menahannya. Anda bisa pergi ke toilet atau tempat sepi, jika Anda merasa tidak nyaman atau takut mengganggu untuk mengeluarkannya di tempat ramai. Jika Anda ingin mengatasi kentut yang mungkin berlebihan, Anda bisa mengonsumsi probiotik. Makanan sumber probiotik dapat membantu Anda dengan cara menyelaraskan fungsi bakteri di tubuh Anda. Anda bisa mendapatkannya pada yogurt, kimchi, atau Anda bisa juga mencoba pil suplemen yang mengandung probiotik. Cara lainnya adalah hindari makanan yang sulit untuk dicerna, salah satunya adalah pemanis buatan.

Anda juga bisa menambahkan rempah pada diet Anda, rempah tersebut bisa berupa jahe, kunyit, jinten, licorice (akar manis). Bahan-bahan tersebut dapat membantu masalah pencernaan. Jika Anda tidak menyukai rempah, Anda bisa mengonsumsi teh. Ada lagi hal paling mudah untuk diaplikasikan, yaitu meminum banyak air. Ketika memakan serat, air berfungsi untuk melunakkannya sehingga membantu melawan sisa-sisa yang keras untuk dicerna dalam sistem pencernaan.

Hellosehat

Komentar Anda

comments