16 ABK dari Spanyol Positif Covid-19

Palapanews.com- Sebanyak 16 anak buah kapal (ABK) dari 467 orang yang pulang dari Madrid, Spanyol yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test covid-19.

Ratusan ABK tersebut tiba di Terminal 3 Bandara Soetta dengan pesawat charter Wamos Air.

Eksekutif General Manager Bandara Soetta, Agus Hariyadi, mengatakan 467 ABK sempat menolak untuk turun dari pesawat lantaran tujuan mereka adalah Denpasar, Bali. Namun, petugas gabungan Gugus Tugas covid-19 mengambil langkah dengan meminta mereka untuk menjalankan rapid test.

“Tetapi kami berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan turun di bandara ini (Soetta). Dari hasil pemeriksaan cepat ini kami mendapati 16 orang reaktif positif,” ujarnya, Jumat, 29 Mei 2020.

Agus menjelaskan, mereka yang reaktif ini akan menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran wabah covid-19.

“Kemudian mereka akan di-swab test dan menjalani karantina prinsipal atau agency akan bertanggung jawab memulangkan mereka ke Denpasar, dengan waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Sementara itu, salah satu ABK Komang menuturkan, dirinya hendak berangkat menuju Denpasar dari Madrid. Namun, harus menjalankan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Bandara Soetta.

“Tapi setelah menjalankan pemeriksaan ini, kami akan menuju hotel untuk menjalankan test swab atau PCR. Ini ditanggung oleh perusahaan,” jelas Komang.

Bahkan, Komang menambahkan, saat dilakukan test cepat dirinya dinyatakan reaktif positif.

“Sempat terjadi polemik di pesawat akibat tujuan kami tidak sesuai,” katanya.(rik)

Komentar Anda

comments