Besok Lebaran, Mendag Gelar Operasi Pasar Gula di Pasar Modern BSD

oleh -

Palapanews.com- Jelang lebaran, Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar gula di dua wilayah Tangsel yakni Pasar Modern BSD dan Pasar Serpong, Sabtu (23/5/2020). Hal ini dikarenakan harga gula yang masih tinggi di kisaran angka Rp19 ribu hingga Rp20 ribu.

Mendag, Agus Suparmanto yang didampingi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, adanya operasi pasar gula yang menyediakan 36.500 ton di seluruh daerah ini diharapkan mampu menekan harga gula yang masih bergerak di atas harga eceran tertinggi (HET), terutama di pasar rakyat,  hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Hari ini kami kembali melakukan Operasi gula dengan harga Rp12.500/kg di Jakarta dan Tangsel. Di sejumlah daerah telah digelontorkan gula pasir sebesar 3.200 ton, ditambah hasil pengawasan barang beredar di Malang dan Lampung, sehingga total yang sudah dilakukan operasi gula ke sejumlah daerah sebesar 36.500 ton gula. Saya berharap dengan operasi pasar ini, harga gula kembali normal,” terangnya di Pasar Modern BSD, Sabtu (23/5/2020).

Bahkan, menurutnya Pemerintah juga selalu berkoordinasi dengan produsen sampai distributor. Dengan harapan langkah-langkah yang disiapkan tersebut bisa membuat harga gula di pasaran mulai normal kembali.

“Kami membuat kesepakatan dengan produsen agar menjual gula ke distributor paling mahal Rp11.200/kg. Harapan kami distributor akan menjual ke pengecer akhir paling tinggi adalah Rp12.000/kg. Dengan demikian ritel modern dan para pengecer di pasar-pasar bisa menjual gulanya dengan HET,” tuturnya.

Sementara, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, adanya operasi pasar gula dapat membantu masyatakat Tangsel untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran.

“Jadi sebelum ada operasi pasar tadi, saya cek ada harga gula pasir dari mulai Rp 18.500 maupun Rp 20 ribu. Tapi karena ada intervensi dari Pak Menteri dengan operasi pasar ini jadi Rp 12.500, semoga dapat membantu masyarakat manakala mau lebaran,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments