Cemari Sungai Cisadane, Aktivis Lingkungan: Segera Relokasi TPA Cipeucang

oleh -
TPA Cipeucang di Serpong longsor. Foto: Ist

Palapanews.com- Aktivis Lingkungan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bertanggungjawab atas tercemarnya Sungai Cisadane akibat tumpahan sampah dari TPA Cipeucang. Pemerintah daerah diminta melakukan recovery Sungai Cisadane dan merelokasi TPA Cipeucang.

“Kami minta Pemkot Tangsel bertanggung jawab, segera lakukan Recovery, dan segera mempersiapkan Relokasi TPA yang tidak berdekatan dengan Badan Sungai Cisadane,” kata Aktivis Lingkungan dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH), Ade Yunus, Jumat (22/5/2020).

Ade mengaku sudah memprediksi bakal terjadi pencemaran Sungai Cisadane dari keberadaan TPA Cipeucang. Maka itu, pada saat Peringatan Hari Sampah Nasional tahun lalu, ia menggelar Aksi Camping Bersama di TPA Cipeucang tersebut menuntut Pemkot Tangsel untuk segera menutup TPA Cipeucang.

“Apa yang kami khawatirkan beberapa tahun yang lalu, hari ini kejadian juga Bencana Longsor TPA Cipeucang yang mengakibatkan Pencemaran Limbah Sampah domestik Ke Sungai Cisadane,” tambah Ade yang juga Direktur Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci).

Diberitakan, TPA Cipeucang yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami longsor, Jumat (22/5/2020). Tumpukan sampah yang longsor tumpah ke Sungai Cisadane.

Berdasarkan informasi, TPA Cipeucang yang menampung sampah masyarakat Tangsel ini berbatasan langsung dengan Sungai Cisadane. Akibatnya, jika tembok pembatas jembol maka tumpukan sampah bakal langsung tumpah ke Sungai Cisadane. (nad)

Komentar Anda

comments