Angkasa Pura II Atur Ulang Antrean Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Palapanews.com- PT Angkasa Pura (AP) II mengatur ulang sistem antrean calon penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, selama pandemi covid-19.

Selain itu, juga dilakukan pemangkasan jumlah penumpang dan frekuensi penerbangan.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, slot penerbangan telah disepakati hanya 5-7 penerbangan setiap jam di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan pada satu waktu.

“Saat pandemi (covid-19) di Soekarno-Hatta setiap harinya sekitar 200 penerbangan,” ujarnya, Jumat, 15 Mei 2020.

Menurut Awaluddin, pihaknya juga menyetujui maskapai hanya akan mengangkut penumpang tidak lebih dari 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat pada setiap penerbangan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Pembatasan jumlah penumpang, kata dia, mendukung physical distancing juga kelancaran proses keberangkatan. Sementara itu, pintu keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta hanya dipusatkan di Terminal 2 Gate 4 dan Terminal 3 Gate 3.

“Pembatasan penumpang yang diangkut dan slot penerbangan cukup vital dalam menjaga kelancaran dan physical distancing saat proses keberangkatan,” jelasnya.

Per Jumat, 15 Mei 2020, rencana keberangkatan rute domestik di Terminal 2 Soekarno-Hatta, antara lain; maskapai Lion Air, satu penerbangan; Batik Air, 15 penerbangan; dan Citilink sembilan penerbangan. Sedangkan untuk kedatangan rute domestik di Terminal 2, yakni Lion Air dua penerbangan, Batik Air 15 penerbangan, dan Citilink 10 penerbangan.

Selain itu, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta rencana keberangkatan rute domestik oleh Garuda Indonesia, melayani 29 penerbangan, dan kedatangan rute domestik Garuda Indonesia pun sama frekuensi dengan keberangkatan.(rik)

Komentar Anda

comments