PMI Kota Tangerang Siapkan Plasma Darah Pasien Sembuh Covid-19

Palapanews.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten, menyatakan siap mengumpulkan plasma darah pasien sembuh covid-19.

Zat antibodi yang terdapat dalam plasma darah itu diharapkan membantu menetralisasi virus di dalam tubuh pasien covid-19 yang masih terjangkit.

“Secara prinsip kita siap mengumpulkan itu (plasma darah),” ujar Manajer Mutu PMI Kota Tangerang, Udin Machfudin, Rabu, 13 Mei 2020.

Udin mengatakan, terdapat dua metode melakukan transfusi plasma darah, yakni dengan menggunakan mesin otomatis dan secara manual. Untuk mesin otomatis PMI kota Tangerang, telah memiliki tiga unit.

“Kalau manual diambil seperti donor darah biasa setelah itu diolah agar sel darah merahnya terpisah dengan plasmanya,” katanya.

Udin menjelaskan, terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam melakukan transfusi darah. Salah satunya, pasien telah melewati masa 14 hari setelah dinyatakan sembuh.

“Selain itu pendonor maupun penerima donor harus memiliki golongan darah yang sama. Jadi memang tidak bisa sembarang asal donor,” jelasnya.

Meski belum ditetapkan, kata Udin, saat ini pihaknya mulai melakukan pendataan pasien yang telah sembuh. Pendataan dilakukan melalui jaringan rumah sakit yang ada di Kota Tangerang.

“Saat ini kita untuk koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Belum ada instruksi, hanya kita sudah mencari data yang positif dan sembuh,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan terapi plasma darah dari pasien sembuh covid-19 akan diuji coba dalam skala besar kepada pasien positif covid-19 yang masih dirawat. Menurutnya metode plasma darah adalah kemajuan besar dalam upaya pengobatan covid-19 dan dipercaya dapat mempercepat kesembuhan pasien positif covid-19.

Bio Farma bersama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Lembaga Eijkman saat ini telah mengembangkan plasma konvalesen untuk terapi pasien covid-19.(rik)

Komentar Anda

comments