Tips Belanja Aman saat Pandemi Covid-19

Palapanews.com- Pandemi Covid-19 telah menjungkirbalikkan banyak kebiasaan sehari-hari, bahkan untuk sekadar pergi belanja ke supermarket. Tidak sedikit yang bertanya-tanya, apa yang harus diperhatikan saat belanja? Apakah COVID-19 menempel di produk yang Anda sentuh? Apakah Anda harus mencuci semua barang yang Anda beli?

“Kekhawatiran untuk pergi berbelanja di saat pandemi bukan sesuatu yang berlebihan, karena kita juga tidak tahu virusnya ada di mana,” ujar Profesor dr. Herawati Sudoyo kepada Hello Sehat. Prof. Hera adalah ilmuwan biologi molekuler pendiri dan peneliti senior Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Amankah belanja ke supermarket atau ke pasar saat pandemi COVID-19?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu dicatat bahwa sampai saat ini belum ada bukti COVID-19 menular melalui makanan. COVID-19 menular dari orang ke orang melalui cipratan air liur yang berisi partikel virus ketika batuk, bersin, atau bicara.

Benda yang sudah terkontaminasi bisa menularkan virus ketika seseorang menyentuh benda tersebut. Setelah menyentuh, virus berpindah ke tangannya. Jika dia menyentuh wajah, virus tersebut dapat masuk melalui hidung, mulut, atau mata.

Saat pandemi COVID-19 seperti ini, masyarakat disarankan untuk karantina di rumah dan meminimalkan kontak dengan orang lain. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk pergi belanja pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Apakah Anda betul-betul membutuhkan barang yang akan Anda beli itu? Jika bukan kebutuhan mendesak, tahan dulu hingga Anda memiliki rencana untuk belanja kebutuhan yang lebih penting.

Berikut tips aman yang perlu diperhatikan saat belanja ke supermarket atau pasar saat COVID-19.

1. Pilih waktu belanja yang aman dari risiko berkontak dengan COVID-19

Penularan COVID-19 paling besar adalah dari orang ke orang, jadi untuk lebih aman usahakan belanja di luar jam sibuk. Pilihlah waktu belanja pada pagi hari saat toko baru saja buka. Hal ini memberikan Anda keuntungan karena toko mungkin baru saja dibersihkan.

Selain itu, sebisa mungkin beli semua kebutuhan di satu tempat saja. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyarankan untuk membeli kebutuhan harian dan bahan makanan yang cukup paling tidak untuk persediaan selama satu minggu.

2. Perhatikan saat berbelanja di toko, supermarket, atau pasar

Untuk mencegah penularan COVID-19, supermarket dan beberapa toko kelontong sudah menerapkan pencegahan seperti memeriksa suhu tubuh pengunjung yang datang, memberi batas physical distancing di lantai toko, dan membersihkan permukaan-permukaan yang sering disentuh.

Hanya saja, masih ada langkah tambahan yang perlu Anda lakukan untuk pencegahan penularan COVID-19 agar belanja lebih aman.

  • Pakai masker saat keluar rumah sejalan dengan imbauan pemerintah dan WHO. Rekomendasi ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari orang yang positif tanpa gejala.
  • Bawa hand sanitizer atau tisu basah antiseptik. Lap pegangan keranjang belanja atau troli dengan tisu basah karena itu salah satu benda yang sering disentuh oleh banyak orang.
  • Pilih belanjaan anda dengan lebih cepat dari biasanya. Usahakan tidak menyentuh barang yang tidak perlu atau yang sebetulnya tidak berniat untuk dibeli.
  • Jangan sentuh wajah. Saat berbelanja cobalah untuk benar-benar sadar untuk tidak menyentuh wajah sampai Anda tiba di rumah dan mencuci tangan.
  • Jaga jarak selama berbelanja dengan orang lain saat belanja.

3. Bersih-bersih sesampainya di rumah

Setibanya di rumah, letakkan kantong belanja Anda dan cuci tangan dengan sabun. Setelah itu, taruh barang-barang belanjaan sesuai dengan tempatnya, di kulkas atau di lemari. Jika perlu, lap setiap kaleng atau barang belanjaan Anda.

Prof. Hera menyarankan untuk mencuci buah dan sayur seperti biasa dengan air dan bisa juga dengan ditambahkan cairan pembersih khusus untuk buah dan sayur. Ia juga menambahkan untuk membeli buah yang memiliki kulit sehingga bagian luarnya bisa dibuang sebelum dimakan.

Hingga saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 bertahan di permukaan buah dan sayur. Walaupun begitu, mencucinya pun diperbolehkan agar Anda merasa aman. Rasa aman saat pandemi sekarang ini penting untuk mengurangi stres.

Perlu diingat bahwa mencuci buah dan sayur dengan sabun untuk mandi tidak diperbolehkan karena kandungan kimia dalam sabun bisa termakan dan berbahaya untuk pencernaan.

“Kalau di rumah semuanya bisa dikontrol. Seperti sayuran apa yang mau dimakan. Kalau memang tidak perlu yang mentah, bisa memilih untuk memasaknya. Itu sudah pasti mati virusnya,” jelas Prof. Hera. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments