RS Siloam Paal Dua Manado Ditunjuk Sebagai RS Rujukan Covid-19

Palapanews.com – RS Siloam Paal Dua secara resmi ditunjuk dan diberi tugas sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 oleh Pemda Sulut sesuai SK Gubernur No:134 yang baru saja ditanda tangani.

Pimpinan RS Siloam Paal Dua menyatakan siap untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab ini bersama sama RS rujukan lainnya. Jika diperlukan, dan pada puncaknya.

RS Siloam Paal Dua sendiri memiliki kapasitas sampai dengan 145 TT/tempat tidur, termasuk perlengkapan ICU Covid dan dilengkapi dengan ventilator dan dukungan tim beberapa keahlian termasuk ahli paru dan anestisis.

Selain mendapat bantuan dari Siloam Jakarta dan Siloam Manado, Siloam juga sudah menghubungi Direktur RS Kandau untuk bisa menjalin kerja sama dan mendapatkan dukungan teknis dan management.

Pemerintah juga sudah sebelumnya menunjuk RS Siloam Mampang dan RS Siloam Kelapa Dua di Jakarta sebagai RS rujukan Covid-19 dengan masing masing 215 dan 415 TT.

“Kami jajaran pekerja medis di RS Siloam Paal Dua siap menjalankan tugas. Mohon doa  dan dukungan semua pihak. Kami akan melayani dengan baik,” tegas Direktur RS Siloam Paal Dua dr. Paulina Kadih, Kamis (30/04/2020).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyatakan, butuh semua rumah sakit meningkatkan kapasitas tempat tidur dan ICU khusus untuk Covid-19 mengantisipasi lonjakan jumlah yang terpapar. Beberapa rumah sakit diberi tugas khusus sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 termasuk RS Siloam Pal Dua.

“Semua pihak kami harapkan serius. Para dokter, perawat dan pekerja medis di Sulut juga diberi kesempatan bangkit, berani meresponi panggilan untuk melayani dengan baik dan setia,” pesan gubernur.

Ketua DPRD Sulut Andrei Angow mengatakan, “Syukur ada tambahan kapasitas untuk khusus melayani pasien Covid-19. Siloam sudah kita kenal melayani masyarakat Manado dan Sulut selama sepuluh tahun dengan baik. Kami apresiasi pelayanan mereka. Kebersamaan ini kita butuhkan.”

Sementara tokoh masyarakat dan pengusaha terkemuka Sulut, Hengky Wijaya turut menyerukan dan mengajak semua mendukung program Pemda memutuskan rantai penularan dengan taat menjalankan disiplin sosial dan memelihara dan melindungi kebersihan pribadi.

“Biar jaga jarak dan bekerja, beribadah dan berkeluarga dengan baik di rumah. Biar sering cuci tangan dengan sabun dan menghindari menyentuh benda benda di luar dan muka kita sendiri. Kami beri dukungan semua rumah sakit rujukan termasuk RS Siloam Paal Dua,” serunya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments