UMB Juga Galakan Upaya Cegah Covid-19

Palapanews.com – Melihat upaya pemerintah dalam menangani kasus covid-19, Universitas Mercu Buana (UMB) sebagai institusi pendidikan juga merasa berperan penting untuk ikut dalam melawan virus corona.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dalam membantu pemerintah untuk memutus penyebaran Covid – 19,” tegas Danto Sukmajati, Ph.D, Ketua Satgas Penanggulangan Covid19 UMB di posko penanggulangan Kampus UMB, Jakarta, Selasa (21/04/2020).

Lebih lanjut Danto menjelaskan upaya yang telah dilakukan UMB sangat beragam, mulai pada sosialisasi bahaya virus corona yang bekerjasama dengan Puskesmas, melakukan desinfeksi ruangan menggunakan metode cold fogging, menjalin kerjasama yang intensif dengan unit layanan kesehatan terdekat, penyediaan desinfektan tangan di setiap ruangan dan cara penggunaannya serta penyediaan lembar himbauan terkait corona.

Kemudian juga melakukan penyemprotan desinfeksi area yang sering kontak dengan tangan manusia, penundaan sejumlah kunjungan dalam dan luar negeri, penundaan kegiatan seminar dan wisuda, sosialisasi corona pada kantin UMB, penyebaran poster dan spanduk pencegahan virus cowonya dan pelaksanaan kuliah online secara menyeluruh.

“Satgas Penanggulanan Covid19 juga mengucurkan bantuan ke berbagai pihak. Terutama tenaga medis berupa peralatan APD di puskemas. Sedangkan warga yang terdampak ekonomi mendapatkan bantuan pangan,” jelas Danto.

Diakuinya, bantuan tersebut berasal dari sumbangan sivitas kampus UMB yang merasa prihatin dengan wabah. Pengumpulan bantuan dilakukan Satgas Penanggulangan Covid19 secara berkelanjutan. Distribusinya pun dilakukan secara berkelanjutan dan merata.

Dengan situasi yang masih penuh ketidakpastian, menurut dia memang perlu manajemen distribusi bantuan yang baik, agar semua pihak mampu melewati masa pandemi Corona ini dengan baik. Sekaligus menumbuhkan solidaritas yang semakin erat. “Tentu kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir. Dan kehidupan kembali lebih baik,” pungkasnya. (bd)

Komentar Anda

comments